Breaking News:

Virus Corona

Ganjar Sebut Perlu Perasaan untuk Bisa Edukasi Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Menurut Ganjar, perlu perasaan untuk bisa mengajak masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan.

Istimewa
Ganjar Pranowo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bercerita soal bagaimana mengedukasi masyarakat di wilayah Jateng terkait pandemi Covid-19.

Menurut Ganjar, perlu perasaan untuk bisa mengajak masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan.

"Inilah yang kemudian mengapa kami mendorong di Jateng ngapain pemerintah repot-repot, instruksikan dan rakyatnya ngeyel, karena ini enggak nyekrup secara sosiologis," kata Ganjar dalam siatan BNPB, Selasa (19/5/2020).

Dirinya mencontohkan bagaimana di pasar di Kendal, masyarakatnya disebut Ganjar sulit sekali taat pada protokol kesehatan.

Ganjar pun memberikan satu solusi bagaimana seharusnya pemerintah hadir dalam situasi tersebut.

"Yang kita lakukan ya terjuni. Kita tata pasarnya, kita agak sedikit paksa, kita bantu kasih masker kepada mereka, bantu handsanitizer kecil-kecil. Ini edukasi di lapangan, maka begitu mereka kita edukasi ya kita pelototi terus, karena mentransformasikan nilai tidak bisa dalam waktu cling langsung selesai," kata Ganjar.

Inilah yang kemudian, menurut Ganjar, ada nuansa-nuansa di desalah yang bisa menyelesaikan persoalan terkait gesekan soal pandemi Covid-19.

"Maka saya bikin Jogo Tonggo. Treatmentmya diserahkan ke mereka saja,  mau diapakan, mau dikasih sanksi sosial ya monggo. Misalnya ini ngeyel orangnya, dipilok rumahnya. Terus karena tidak miskin tapi nekat terima bantuan, kemudian ditulisi 'Saya doakan anda miskin'. Jadi sebenarnya gaya-gaya desa ini bisa menyelesaikan banyak persoalan," pungkasnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved