Breaking News:

Virus Corona

Politikus PKB Saran Presiden Jokowi Pimpin Langsung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Nihayatul Wafiroh menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI fraksi PKB Nihayatul Wafiroh. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB Nihayatul Wafiroh menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Ia menilai selama ini Gugus Tugas belum mampu menghentikan ego sektoral beberapa kementerian/lembaga dalam menangani pandemi virus Corona.

"Untuk menanggulangi persoalan ego sektor-sektor ini yang berdampak langsung bagaimana pemerintah daerah segera melakukan tindakan-tindakan. Salah satunya adalah seharusnya Gugus Tugas Covid-19 yang memimpin presiden," kata Nihayatul Wafiroh dalam diskusi virtual bertajuk 'Kendali Penanganan Covid-19: Milik Pusat atau Daerah', Rabu (20/5/2020).

Baca: Ganjar Pranowo Apresiasi Warga yang Tidak Mudik:  Mereka Patriot

Menurutnya, penanganan Covid-19 berbeda dengan penanggulangan bencana alam yang biasa ditangani Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Alasannya, Gugus Tugas yang diketuai Ketua BNPB Doni Monardo ini harus melawan sesuatu yang tidak terlihat, yakni virus.

Di samping itu, BNPB juga harus membawahi banyak kementerian dan lembaga.

"Bukan persoalan Pak Doni Monardo, tapi dari persoalan badannya ini yang menjadikan ego sektoralnya tidak egaliter begitu di antara pengambil kebijakan ini," ujarnya.

Baca: 40 Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Inggis & Indonesia, Cocok Dikirim untuk Keluarga Tercinta

Ninik, sapaan akrabnya, menilai jika Presiden Jokowi yang memimpin Gugus Tugas, tidak ada kebijakan yang saling tumpang tindih.

Ia mencontohkan ketika pengadaan barang dan alat kesehatan di daerah-daerah, misalnya ventilator.

Halaman
1234
Penulis: chaerul umam
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved