Virus Corona

124 Kabupaten/Kota Belum Terdampak Covid-19, Doni Yakin Kepala Daerahnya Punya Komitmen Tinggi

Doni meyakini bahwa keberhasilan zero case tersebut disebabkan karena kepala daerahnya memiliki kepemimpinan yang kuat dan memiliki komitmen tinggi.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 sudah menjadi persoalan multidimensi yang dihadapi dunia termasuk Indonesia. Tidak hanya menyerang dan menjadi masalah kesehatan saja, pandemi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 itu juga mengancam stabilitas sosial, budaya, keamanan dan menggerogoti kondisi ekonomi bangsa.

Sejak diputuskan untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona jenis baru itu, banyak kepala daerah yang melaporkan penurunan angka kasus Covid-19.

Akan tetapi hal itu juga diimbangi dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang terdampak dalam pemenuhan ekonomi.

Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan, sejak pemberlakuan PSBB hingga pertengahan bulan Mei, tercatat sudah ada kurang lebih tujuh juta pekerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hal itu tentunya menjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Melihat permasalahan tersebut, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menyimpulkan bahwa, solusi yang harus segera diambil adalah bagaimana upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 tetap dapat dilakukan namun pemenuhan ekonomi masyarakat juga dapat berjalan.

Baca: Tak Banyak yang Tahu, Buah Pepaya Bermanfaat Kurangi Risiko Cacat dan Tingkatkan Kecerdasan Janin

Doni Monardo, yang juga selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berharap agar dalam penanggulangan bencana sebisa mungkin tidak menimbulkan masalah baru.

Doni berprinsip bahwa jangan sampai terjadi "Hungry Man Becomes Angry Man".

Dalam hal ini, Doni meyakini bahwa penyelesaian masalah itu hanya dapat dilakukan dengan kepemimpinan yang kuat dari kepala daerah, sebagai panglima perang menghadapi Covid-19 di daerah.

Oleh sebab itu, melalui video conference bersama sejumlah Gubernur, Bupati dan Wali Kota pada Kamis (21/5/2020) malam, Doni mengajak seluruh kepala daerah agar dapat menunjukkan kepemimpinan yang baik, sehingga masyarakat dapat lebih percaya diri bersatu dalam mengadapi pandemi Covid-19 sekaligus terbebas dari permasalahan ekonomi.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved