Breaking News:

Virus Corona

Patra Jasa Rampungkan Pembangunan RSPP Extension Covid-19 Tepat Waktu

“RSPP Extension Covid-19 telah selesai dibangun tepat waktu, tanggal 20 Mei 2020," katanya

Freepik
ilustrasi virus corona - Update Virus Corona Global 1 Mei 2020: Total 3,3 Juta Orang Terinfeksi, 1 Juta Orang Telah Sembuh 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Patra Jasa menyelesaikan penugasan tepat waktu dari Induk Perusahaan, PT Pertamina (Persero) untuk pembangunan RSPP Extension Covid-19 di Lapangan Bola Simprug, Jakarta Selatan.

Sejak 21 April 2020, Patra Jasa mulai membangun Rumah Sakit dilahan sebesar 10,200 meter persegi tersebut.

Baca: Asuransi Jasindo Pastikan Klaim Satelit Palapa N1

Direktur Utama PT Patra Jasa Dani Adriananta mengatakan pembangunan tepat waktu ini berkat kerja sama yang luar biasa dari seluruh pihak yang terlibat.

“RSPP Extension Covid-19 telah selesai dibangun tepat waktu, tanggal 20 Mei 2020, sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh Induk Perusahaan kami selama satu bulan,” kata Dani, Kamis (21/5/2020).

”Penyelesaian Pembangunan RSPP Extension Covid-19 merupakan prioritas utama sekaligus komitmen kami sebagaianak Perusahaan PT Pertamina (Persero), yang mendukung penuh upaya Pemerintah Indonesia memerangi Covid-19,” sambungnya.

Direktur Teknik PT Patra Jasa, Ferry Febrianto menambahkan karena waktu yang singkat pihaknya memutuskan membangun RSPP Extension dengan konsep prefabricated-construction, yaitu menggunakan modular-system.

“Sistem ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain, tahan gempa, pelaksanaan konstruksi dapatdilakukan cepat, dan dilakukan dengan knock-down system. Metode konstruksi yang dipakai adalah Metode Kit Building, yaitu metode yang komponen bangunannya dibuat di pabrik untuk kemudian dirakit di lokasi,” jelasnya.

Fasilitas-fasilitas kesehatan lain dibangun untuk dapat memberikan layanan yang prima, antara lain ruang dokter, ruang perawat, nurse station, instalasi jenazah, instalasisterilisasi, laboratorium (PCR, Hematologi dan AGD), instalasi farmasi, pusat gizi, instalasi screening, ruang radiologi, ruang operasi hingga ruang dekontaminasi.

Baca: Bukan Pengusaha, Pemenang Lelang Motor Jokowi Seorang Kuli Bangunan, Bamsoet Beri Respons

Dengan selesainya pembangunan Rumah Sakit ini, secarapararel langsung dilakukan persiapan pemasangan alat-alat kesehatan serta persiapan tenaga medis.

Rencananya beberapa hari ke depan akan dilakukan uji fungsi peralatan sehingga rumah sakit dapat segera beroperasi di awal Juni 2020.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved