Breaking News:

Virus Corona

Vande Bharat, Misi Pemerintah India Bawa Pulang Ribuan Warga Negaranya Saat Covid-19  

Maskapai nasional Air India menjadwalkan empat penerbangan pada 19-22 Mei 2020 dari Jakarta ke berbagai kota di India di bawah Misi Vande Bharat

AFP/DIBYANGSHU SARKAR
Pekerja kota yang mengenakan pakaian hazmat berjalan di daerah residensial untuk survei kesehatan dari pintu ke pintu rumah warga, selama penguncian nasional yang diberlakukan pemerintah sebagai tindakan pencegahan terhadap coronavirus COVID-19, di Kolkata. India. Rabu (29/4/2020). (AFP/Dibyangshu SARKAR) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah India membawa ribuan warganya yang terdampar di luar negeri karena pandemi virus corona (Covid-19) dalam misi Vande Bharat.

Kedutaan Besar (Kedubes) India di Jakarta mengungkapkan lebih dari 25 ribu warga India yang terdampar telah dibawa kembali ke India dalam 134 penerbangan di seluruh dunia hingga 22 Mei 2020.

"Maskapai nasional Air India menjadwalkan empat penerbangan pada 19-22 Mei 2020 dari Jakarta ke berbagai kota di India di bawah Misi Vande Bharat," dikutip dari keterangan Kedubes India di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Baca: Tunaikan Salat Id, Warga Puri Kemang Asri di Bogor Terapkan Aturan Jarak Saf 40 Cm

Sekiranya 900 warga India, termasuk beberapa turis India yang terdampar di Bali, beberapa ibu hamil dan pasien perawatan kritis dan seorang siswa Nepal memanfaatkan penerbangan ini dari Jakarta untuk kembali ke India.

Dua penerbangan pergi ke ibu kota New Delhi, sedangkan satu penerbangan pergi ke ibu kota keuangan Mumbai & selanjutnya ke Ahmedabad dan lembah silikon India, Bengaluru.

Warga yang kembali akan melakukan perjalanan ke kampung halaman masing-masing setelah karantina wajib sesuai dengan protokol Covid-19.

Dalam persiapan untuk keberhasilan organisasi evakuasi, upaya operasi dilakukan untuk menjangkau warga India yang terdampar di beberapa pulau di Indonesia.

Upaya-upaya khusus juga dilakukan untuk berhubungan dengan Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Indonesia di New Delhi dan Konsulat Jenderal Indonesia di Mumbai untuk memfasilitasi kepulangan beberapa warga negara Indonesia yang terlantar dan pemegang KITAS Indonesia dari India.

Baca: Merayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi, Wapres Maruf Amin: Silaturahmi Kita Hidupkan Secara Virtual

Sekitar 200 warga negara Indonesia dan pemegang KITAS Indonesia juga telah kembali ke Indonesia dari berbagai daerah di India dengan penerbangan khusus ini.

Termasuk keluarga perwira TNI yang telah pergi ke India untuk pelatihan di bawah kerjasama pelatihan bilateral.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved