Breaking News:

Virus Corona

Kemendagri Gelar Lomba Inovasi Daerah 'New Normal Life', Begini Syaratnya

Ada pun tema yang diambil dalam lomba inovasi ini adalah, 'Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19'.

Puspen Kemendagri.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, melakukan kunjungan kerja (kunker) untuk menguatkan koordinasi dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Bogor, Selasa (19/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri akan menggelar lomba inovasi daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19.

Ada pun tema yang diambil dalam lomba inovasi ini adalah, 'Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19'.

Perlombaan ini dilatarbelakangi oleh situasi dimana pandemi Covid-19 ini telah mengubah tatanan sosial dan ekonomi di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Baca: Daftar Sebaran Virus Corona di Indonesia Jumat (29/5/2020): Tambah 125, Kasus di DKI Capai 7.128

"Penanganan pandemi covid-19 menjadi wahana Pemerintah Daerah (Pemda) berinovasi guna menekan
penularan, beragam bentuk inovasi perlu dilakukan pada masa pandemi covid-19," ujar Mendagri, Tito Karnavian dalam keterangannya, Jumat (29/5/2020).

Mantan Kapolri itu berujar pandemi Covid-19 merupakan permasalahan serius untuk ditangani secepatnya.

Hingga kini masalah Covid-19 belum dapat dipastikan kapan selesainya sehingga pemerintah pusat dan daerah harus paralel bangkit bersama menciptakan iklim kondusif.

Baca: Tak Jadi Terapkan New Normal, Sumedang Perpanjang PSBB 14 Hari

"Tujuan digelarnya lomba inovasi ini pertama, mendorong gerakan nasional untuk membuat dan melaksanakan protokol Covid-19 dari, oleh dan untuk daerah. Kedua, membuat kehidupan masyarakat yang produktif kembali," ujar Tito.

Ada 7 sektor dan kriteria dalam lomba, pertama pasar tradisional (pasar tradisional C-19), kedua, pasar modern seperti mall dan minimarket (pasar modern C-19), ketiga, restoran (restoran C-19), keempat, hotel (hotel C-19), kelima, PTSP (PTSP C-19), keenam, tempat wisata (wisata C-19), ketujuh, transportasi umum (transportasi umum C-19).

Kriteria penilaian mencakup kesesuaian protokol Covid-19, aplikatif atau replikasi, strong idea atau inovasi itu apakah mengandung kreativitas baru atau ada kebaharuan dan kolaboratif.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved