Breaking News:

Virus Corona

Labkesda DKI Dirikan Satu Lagi Laboratorium Satelit Covid-19 Berbentuk Kontainer

Meskipun sudah berdiri, Kepala Labkesda DKI Jakarta Endra Muryanto menuturkan lab kontainer itu belum resmi dioperasikan.

dok. Instagram @LabkesdaDKI
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali tambah laboratorium satelit berbentuk kontainer, yang ditempatkan di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit/dok. Instagram @LabkesdaDKI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali tambah laboratorium satelit berbentuk kontainer, yang ditempatkan di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit.

Laboratorium Satelit Covid-19 ini adalah lab kedua.

Sebelumnya, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta telah lebih dulu membangun lab satelit pertama di RSUD Pasar Minggu, yang punya kemampuan kapasitas 200 tes per hari.

Meskipun sudah berdiri, Kepala Labkesda DKI Jakarta Endra Muryanto menuturkan lab kontainer itu belum resmi dioperasikan. Pasalnya tenaga volunteer masih dalam proses pelatihan.

Baca: Sebaran Virus Corona di Indonesia Rabu (3/6/2020): 187 Pasien Sembuh di DKI, 183 Kasus Baru di Jatim

"Tenaga volunteer-nya lagi latihan dulu. Yang lama sudah pada kerja di Pasar Minggu. Jadi ada orang baru, sedang kita latih dulu," kata dia saat dikonfirmasi, Rabu (3/6/2020).

Rencananya, lab darurat di RSKD Duren Sawit juga punya kapasitas 200 tes per hari.

Sehingga jika di total, Labkesda DKI bisa menunjang pengetesan PCR Covid-19 sekitar 600-700 sampel per hari.

Diharapkan akhir pekan nanti lab darurat kedua milik Pemprov DKI itu bisa mulai beroperasi.

"Mudah-mudahan akhir minggu ini sudah bisa terisi, InsyaAllah bisa membantu menambah kapasitas (pengetesan Covid-19) kita di Jakarta," pungkasnya.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved