Breaking News:

Virus Corona

Dokter Cut Aigia Sarankan Cuci Tangan Pakai Sabun, Lebih Efektif Cegah Covid-19

Dr Cut Aigia Wulan Safitri menyarankan agar masyarakat mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah penularan virus corona.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah siswa SDN 15 Karet Tengsin mencuci tangan dengan sabun cair di Jakarta, Rabu (18/10/2017). Kegiatan yang diikuti oleh ratusan siswa tersebut selain dalam rangka Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober juga untuk menanamkan sejak dini perilaku hidup bersih dan sehat agar mengurangi resiko penularan penyakit. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dr Cut Aigia Wulan Safitri menyarankan agar masyarakat mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah penularan virus corona.

Menurut Cut Aigia, cara ini lebih efektif untuk membunuh virus corona dibanding dengan menggunakan hand sanitizer.

"Cuci tangan dengan sabun dong ya. Jadi memang kalau sudah di rumah ada fasilitas air sabun yaitu yang lebih baik untuk dilakukan," ujar dokter Cut Aigia di Kantor BNPB, Jakarta, Minggu (14/6/2020).

Cut Aigia mengatakan penggunaan hand sanitizer dapat dilakukan ketika masyarakat sedang berada di luar rumah dan kesulitan mencuci tangan dengan sabun.

Dokter Cut Aigia di Kantor BNPB, Jakarta, Minggu (14/6/2020).
Dokter Cut Aigia di Kantor BNPB, Jakarta, Minggu (14/6/2020). (TRIBUNNEWS.COM/FAHDI FAHLEVI)

Meski begitu, dirinya mengatakan penggunaan hand sanitizer juga tidak boleh digunakan sepanjang hari. Penggunaan hand sanitizer harus tetap diimbangi dengan cuci tangan.

"Hand sanitizer memang saya pernah baca, setelah memakai hand sanitizer empat kali itu baiknya kita juga mencuci tangan. Usahakan jangan sampai hand sanitizer dipakai sepanjang hari tanpa terbasuh air," tutur Cut Aigia.

Cut mengatakan penggunaan hand sanitizer sepanjang hari tidak baik bagi kulit.

Langkah yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona saat pulang ke rumah adalah dengan langsung mencuci tangan.

Dirinya menyarankan masyarakat langsung cuci tangan sesampai di rumah. Lalu mandi dan mengganti baju dengan yang bersih.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved