Breaking News:

Virus Corona

Doni Apresiasi BPPT Bangun Mobile Lab untuk Tangani Covid-19

Doni berharap BPPT dapat terus mengembangkan teknologi, salah satunya di bidang kesehatan

Istimewa
Doni Monardo 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA  - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan Mobile Biosafety Level (BSL)-2 untuk mendukung penanganan Covid-19.  

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Gugus Tugas Nasional), Doni Monardo mengapresiasi upaya dari BPPT membantu penanggulangan Pandemi Corona.

Ia berharap BPPT dapat terus mengembangkan teknologi, salah satunya di bidang kesehatan.

"Tidak boleh ada yang berhenti, tapi harus berkembang terus, baik dalam bidang teknologi kesehatan maupun bidang yang lainnya," kata Doni di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Menurut Doni, hasil pencapaian BPPT dalam upaya penanganan Covid-19 melalui pengembangan teknologi tersebut juga sangat membanggakan.

Baca: Begini Cara Restoran Mewah di Jakarta Hadapi New Normal Selama Pandemi Virus Corona

Selain karena melibatkan anak bangsa, hal itu juga dapat menjadi cikal bakal lahirnya para peneliti dan periset berstandar internasional.

"Kami bangga dengan hasil yang telah dicapai oleh BPPT, dan Gugus Tugas tetap memberikan dukungan, memberikan semangat kepada BPPT termasuk para periset, para peneliti, untuk bisa berkembang lebih hebat lagi," kata Doni.

"Dan kita berharap akan lahir para peneliti para periset bukan hanya berstandar nasional tetapi juga berstandar internasional," imbuhnya.

Di tengah terjangan pandemi Covid-19 , BPPT yang berada di bawah naungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi (Kemenristek/BRIN) bergabung dalam Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan COVID-19 (TFRIC-19).

Adapun sinergi tersebut telah mewujudkan ekosistem inovasi yang berhasil menghadirkan berbagai produk alat kesehatan buatan dalam negeri, untuk mengatasi wabah virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 .

Baca: Faisal Basri Bicara soal Teori Konspirasi Virus Corona, dari Siti Fadilah hingga Bill Gates

Salah satu inovasi yang dikembangkan BPPT bersama TFRIC-19 adalah membangun Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2), yang hari ini digelar pengoperasiannya untuk melakukan rangkaian swab test di Rumah Sakit (RS) Ridwan Meuraksa, Jakarta.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved