Breaking News:

Virus Corona

Pentingnya Imunisasi Orang Dewasa untuk Meningkatkan Imun Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Vaksin yang diwajibkan adalah influenza, pneumonia dan pertusis atau batuk rejan yang vaksinnya dikombinasi dengan Difteri dan Tetanus (DTaP)

Istimewa
Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang, dr Ida Melani Santoso SpPD FINASIM 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat berpandangan vaksinasi atau imunisasi hanya diperlukan untuk balita atau anak-anak.

Padahal, imunisasi untuk di usia dewasa yang masuk kategori usia lebih dari 19 tahun hingga manusia lanjut usia juga sangat penting.

"Imunisasi dewasa bertujuan meningkatkan kekebalan imun pada tubuh terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang, dr Ida Melani Santoso SpPD FINASIM  saat diskusi webinar bertema "Peran Imunisasi Dewasa Pada Masa Pandemi Covid-19", Kamis (18/6/2020).

Dikatakan Ida, dari belasan vaksin untuk dewasa yang ada di Indonesia, ada tiga jenis vaksin yang penting dan sesuai anjuran WHO untuk diberikan pada saat Pandemi Covid -19.

Baca: Ada Pedagang di Pasar Tradisional Positif Covid-19, DPRD DKI Minta Dinkes Gencar Lakukan Swab Test

Baca: Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020, Berikut Panduan Salat Gerhana Menurut Kementerian Agama

Baca: Saran Psikolog Ketika Pergoki Pria Mencuri Pakaian Dalam Wanita: Jangan Panik dan Teriak

"Vaksin itu adalah influenza, pneumonia dan pertusis atau batuk rejan yang vaksinnya dikombinasi dengan Difteri dan Tetanus (DTaP)," katanya.

"Dengan mendasari himbauan bahwa mencegah dengan imunisasi  dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh dengan vaksin menjadi pilihan terbaik dibanding mengobati," kata  Ida.

Ida menambahkan seluruh jaringan Rumah Sakit Siloam yang ada di tanah air telah melayani vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan "Lawan Covid -19" yang sesuai standarisasi pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Jadi tidak perlu khawatir untuk datang ke rumah sakit. Rumah Sakit Siloam menyediakan sarana untuk konsultasi melalui Aplikasi Online yang dapat didownload bilamana masyarakat memerlukan pelayanan telekonsultasi di masa Pandemi Covid-19, juga dipastikan bahwa Siloam Hospitals Lippo Cikarang menyediakan vaksinasi tersebut di atas," kata Ida.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved