Breaking News:

Virus Corona

Jokowi Instruksikan Para Menteri 'Pelototi' Kesiapan Daerah Menuju Kenormalan Baru

Jokowi menginstruksikan jajaran menteri kabinet betul-betul memantau daerah yang akan memasuki tatanan kenormalan baru atau new normal.

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo meninjau Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis, (25/6/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran menteri kabinet betul-betul memantau daerah yang akan memasuki tatanan kenormalan baru atau new normal.

Presiden juga meminta, agar tahapan sebelum masuk ke kenormalan baru benar-benar dijalankan dengan baik.

Hal itu disampikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait Percepatan Penanganan Dampak Pandemik Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Baca: Jalani New Normal, Masyarakat Perlu Pembekalan Informasi Kesehatan yang Akurat dan Lengkap

"Saya juga minta dilihat betul daerah-daerah yang mulai masuk ke new normal. Tahapannya betul-betul dilalui. Baik itu pra kondisi, timeingnya kapan, diberikan panduan, ada guidance dari pusat. Sehingga mereka tidak salah," kata Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, agar tahapan menuju kenormalan baru harus disiapkan mulai dari prakondisi, timing dan menentukan1 skala priorotas terkiat pembukaan sektor ekonomi.

Baca: Pakar Pendidikan Minta Orang Tua Pahami Rasa Cemas Anak Selama New Normal

Kepala Negara juga meminta keterlibatan tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan, sosiolog hingga antropologs dalam komunikasi publik dalam penanganan Covid-19.

"Sehingga jangan sampai terjadi lagi merebut jenazah yang jelas-jelas Covid-19 oleh keluarga. Itu saya kira sebuah hal yang harus kita jaga tidak terjadi lagi setelah ini," jelasnya.

Tidak Grasa Grusu

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengingatkan kepada daerah yang akan melakukan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus benar-benar memperhatikan data penyebaran Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved