Breaking News:

Virus Corona

DPR Akan Terus Perketat Protokol Kesehatan

Sebanyak 10 orang di lingkungan Kompleks Parlemen dinyatakan reaktif Covid-19.

Chaerul Umam/tribunnews.com
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 10 orang di lingkungan Kompleks Parlemen dinyatakan reaktif Covid-19.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan pimpinan DPR telah mengarahkan untuk terus memperketat protokol kesehatan.

Mulai dari meminta Setjen DPR RI untuk melakukan disinfeksi secara rutin dan berkala di seluruh zona.

Kemudian membatasi kegiatan fisik yang hanya diperbolehkan 60 persen saja.

Baca: Wakil Ketua DPR: 10 Orang Reaktif Covid-19 di Lingkungan DPR Akan Tes Swab

"Namun memang sarana dan prasarana di DPR ini memang kurang memadai. Seperti contohnya lift, meskipun (kegiatan fisik) 60 persen tapi tetap di lift kita atur. Kemudian di jalannya itu berseliweran, masih kurang maksimal. Kita akan maksimalkan," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Upaya lain yang dilakukan adalah memberikan bantuan ventilator untuk Unit Layanan Kesehatan (Yankes) Sekjen DPR sebagai fasilitas penunjang dalam menangani virus corona.

"Secara umum, pengetatan protokol Covid harus ditingkatkan. Dan kita pikir adanya hal seperti ini mungkin kegiatan fisik kita akan turunkan dari 60 persen menjadi 50 persen. Mungkin, nanti kita akan usulkan ke pimpinan DPR yang lain," ucap Dasco.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VII DPR Alex Noerdin secara tiba-tiba memberikan pengumuman terdapat 10 orang positif Covid-19 di Kompleks Parlemen.

Hal tersebut disampaikan Alex saat Komisi VII DPR menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di gedung DPR, Jakarta, Senin (29/6/2020).

"Bapak-ibu sekalian pengumuman penting, patuhi protokol kesehatan. Baru dapat kabar 5 menit yang lalu di lantai atas, saya tidak sebut lantai berapa, 10 orang ditemukan positif," kata Alex.

Oleh sebab itu, Alex pun meminta anggota Komisi VII beserta pihak Pertamina yang hadir dalam RDPU untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

"Jadi tolong patuhi protokol kesehatan," papar Alex.

Meski didapati ada orang positif Covid-19 di DPR, rapat Komisi VII dengan Pertamina tetap berjalan hingga sekitar pukul 18.00 WIB dari pukul 14.20 WIB.

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved