Breaking News:

Virus Corona

Ma'ruf Amin: Hadapi Normal Baru, Reformasi Birokrasi Harus Tetap Optimal

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai diperlukan standardisasi pelayanan publik dalam memasuki tatanan normal baru.

Dokumentasi Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai diperlukan standardisasi pelayanan publik dalam memasuki tatanan normal baru.

Menurutnya, harus ada formulasi tata kelola Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi tentunya juga harus didukung oleh profesionalisme aparatur yang diwujudkan melalui sistem manajemen ASN (Aparatur Sipil Negara) yang baik," ujar Maruf Amin dalam keterangan Setwapres, Senin (29/6/2020).

Lebih lanjut Wapres memberikan contoh, bahwa sejak awal pandemi Covid-19, ASN sudah dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi agar tetap dapat berkinerja optimal.

Baca: Hadapi New Normal, KemenPAN-RB Kaji Kebutuhan Jumlah ASN

Di antaranya yaitu penerapan Work From Home (bekerja dari rumah) serta optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Percepatan penerapan birokrasi digital melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) harus terus ditingkatkan. Birokrasi digital ini juga perlu didukung oleh kepemimpinan digital, SDM berwawasan digital, infrastruktur digital, serta aturan pendukungnya,” kata Maruf Amin.

Sesuai arahan Presiden, selain standardisasi pelayanan publik dalam memasuki tatanan normal baru, penyederhanaan birokrasi melalui pemangkasan eselonisasi juga harus segera diselesaikan.

Baca: KemenPAN-RB Prioritaskan Pembangunan Digital Government untuk Hadapi New Normal

"Diperlukan penyamaan persepsi antara pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah terkait penyederhanaan tersebut, diperlukan juga penyelesaian regulasinya sebagai payung hukum," kata Maruf Amin

“Saya juga ingin dapat memperoleh gambaran tentang sumbatan-sumbatan yang masih ada, di mana saja dan bagaimana solusinya supaya tidak ada lagi sumbatan-sumbatan. Sehingga, pelayanan oleh birokrasi yaitu pelayanan publik bisa berjalan dengan optimal,” tambah Maruf Amin.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved