Breaking News:

Virus Corona

Kemenag Buka Kembali Layanan Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal Hari Ini

Layanan BQMI ini sempat ditutup sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta pada 16 Maret 2020.

Warta Kota/Henry Lopulalan
Koleksi Museum Istiqlal dihadirkan pada Pameran Al-Quran dan Kaligrafi di Ramadan Raya Feast Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan , Senin (28/5/2018). Pameran Al-Quran di Ramadan Raya Feast menjadi bagian dari upaya Pasaraya mengajak para milenial memaknai Al-Quran lebih dalam. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama kembali membuka layanan Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari ini, Senin (6/7/2020).

Layanan BQMI ini sempat ditutup sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta pada 16 Maret 2020.

"Alhamdulillah, seiring pemberlakukan New Normal, layanan BQMI TMII mulai hari ini kembali dibuka," ujar Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kemenag, Muchlis M Hanafi melalui keterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Baca: Pemprov DKI Sebut Perluasan Ancol Ditujukan untuk Rekreasi Warga dan Museum Sejarah

Muchlis memastikan dalam pembukaan BQMI, petugas diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan terhadap layanan ini.

Pembukaan layanan BQMI, akan ditandai dengan kunjungan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi ke kantor LPMQ siang ini. Zainut akan memastikan kesiapan layanan dan protokol kesehatan, sekaligus meresmikan pembukaan layanan.

"BQMI akan membuka kembali layanan bagi para pengunjung dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Muchlis.

Menurut Muchlis, selama ini BQMI TMII menjadi salah satu destinasi wisata religi di DKI Jakarta. Banyak pelajar dan peneliti yang berkunjung untuk belajar dan meneliti terkait perkembangan pentashihan dan pengkajian Al-Qur’an di Indonesia.

"Terhitung sejak 1 Januari 2020 hingga 15 Maret 2020 tidak kurang dari 23.200 orang telah berkunjung ke BQMI," ucap Muchlis.

Berikut Protokol Kunjungan BQMI Selama Pandemi:

1. BQMI membuka layanan kunjungan setiap hari Sabtu-Kamis pukul 08.30-15.30 WIB. Tutup istirahat pukul 12.00-13.00 WIB.

Halaman
1234
Berita Populer
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved