Breaking News:

Virus Corona

Gugus Tugas: Papua Tunjukkan Penurunan Kasus Covid-19 Lewat Kearifan Lokal

"Kita lihat Papua sudah mengalami kemajuan. Bapak menko dan menkes beberapa hari lalu berkunjung ke Papua," katanya

ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo (kanan), Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) dan Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan konferensi pers seusai rapat terbatas di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Pemerintah telah mengantisipasi potensi ledakan kebakaran hutan dan lahan yang biasa terjadi pada Agustus sampai September dan akan melakukan rekayasa hujan melalui teknologi modifikasi cuaca. TRIBUNNEWS/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberi atensi khusus kepada delapan provinsi dengan angka kasus virus corona atau Covid-19 yang tinggi.

Kedelapan provinsi itu adalah Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Papua.

Baca: Doni Monardo: Masih Ada Pihak Anggap Covid-19 Sebagai Konspirasi dan Rekayasa

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo mengatakan, dari kedelepan wilayah itu, Papua menunjukan tren positif setiap harinya.

Hal itu disampaikan Doni usai rapat terbatas terkait Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020).

"Kita lihat Papua sudah mengalami kemajuan. Bapak menko dan menkes beberapa hari lalu berkunjung ke Papua. Ada suatu strategi yang sangat positif yang kita lihat," kata Doni.

Menurut Doni, Provinsi Papua berhasil menjalankan penegakan disiplin protokol kesehatan lewat pendekatan adat istiadat di sana.

Baca: Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat, Doni Monardo Buka Opsi Data Pasien Positif Covid-19 Dipublikasi

Sehingga, angka pasien positif Covid-19 dapak diatasi dengan presentase kesebuhan yang tinggi.

"Di mana Papua melakukan penegakan disiplin berdasarkan kearifan lokal dan kita lihat kasus di Papua mengalami penurunan,dan juga angka sembuhnya mengalami peningkatan," jelas Doni.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved