Breaking News:

Virus Corona

''Saya Yakin Pandemi Covid-19 Memberikan Satu Ujian bagi Sistem Pendidikan Kita untuk Beradaptasi ''

Meski bisa belajar dari rumah dengan bantuan teknologi, Sandi mengingatkan agar para orang tua selalu mengontrol dan membimbing anak-anaknya dalam

Dok FDIK
Sandiaga Salahudin Uno dalam Seminar daring dengan tema Pengembangan Bisnis dan Ekonomi Kreatif di Era New Normal Bagi Para Diaspora, Sabtu (20/6/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno berharap guru dan siswa memanfaatkan teknologi secara maksimal saat penerapan belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19.

“Di era Indonesia modern, di Era kita masuk ke revolusi industri 4.0, maka ini adalah kesempatan kita untuk mempercepat terutama pendidikan bahwa semua lini pendidikan harus dapat menjalankan konsep study from home,” kata Sandi dalam keterangannya, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Meski bisa belajar dari rumah dengan bantuan teknologi, Sandi mengingatkan agar para orang tua selalu mengontrol dan membimbing anak-anaknya dalam proses belajar.

Baca: Repotnya Sekolah Daring: Dari Urusan Pulsa Internet hingga Durasi Belajar Mengajar

“Tentunya kita tidak bisa melepas mereka dengan teknologi. Kita harus berikan bimbing agar teknologi itu membantu mereka dalam meningkatkan kapasitas, proses belajar dan mengajar,” kata Sandiaga.

Sandi mengingatkan selama virus ini masih ada, maka masyarakat terutama guru dan murid harus terbiasa dengan kebiasaan baru saat sekolah-sekolah mulai dibuka pada masa new normal atau normal baru.

“Kita tidak bisa lari dari kenyataan ini bahwa suatu realita baru, new normal itu kita harus terbiasa dengan dengan hal-hal yang dulu kita tidak terbiasa, misalnya kita sekarang menggunakan masker, juga selalu menjaga kebersihan dengan hand sanitizer dan terbiasa mencuci tangan, tidak bersalaman, tidak berpelukan,” katanya.

“Saya yakin pandemi Covid-19 memberikan satu ujian bagi sistem pendidikan kita untuk beradaptasi dan bukan hanya murid, tapi guru juga beradaptasi, orang tua juga beradaptasi, lingkungan juga beradaptasi,” lanjut dia.

Dalam kesempatan ini, Sandi juga mengingatkan kedepan sistim pendidikan akan berubah, di mana mengarah pada vokasi atau peningkatan keterampilan sambil praktek.

“Kita akan masuk kedalam konsep dimana kuliah sambil kerja, vokasi sambil kerja. Akhirnya pendidikan itu menjadi life long learning, tidak hanya 18-20 tahun, dengan adanya covid ini edukasi kita terutama experience learning akan sangat relevan,” ujar dia.

Menurutnya, dengan sistem tersebut akan menuntut setiap orang untuk terus belajar karena perkembangan teknologi yang bergerak begitu cepat.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved