Breaking News:

Tiga Wilayah di Gorontalo Masuk Zona Merah

Menurut Wiku terjadi kenaikan kasus di Gorontalo pada satu minggu terakhir, dari 72 menjadi 369 positif

Freepik
ilustrasi virus corona 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Selain DKI Jakarta, Satgas penanganan Covid-19 juga menyoroti penyebaran virus Corona atau SARS-CoV-2 di Gorontalo.

Juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa terdapat tiga wilayah di Gorontalo yang masuk Zona merah. 

“Kalau kita lihat perkembangannya, dari sekitar 16,6 persen untuk risiko tinggi pada Minggu, 19 Juli, naik menjadi 50 persen pada Minggu 26 Juli. Jadi ini, kondisi yang perlu diperhatikan oleh masyarakat Gorontalo, khususnya kabupaten/kota Boalemo, Bone Bolango, Kota Gorontalo sebagai risiko tinggi, dan risiko sedangnya adalah Gorontalo, Gorontalo Utara, dan Pahuwato,” kata Wiku dalam siaran pers BNPB, Selasa, (28/7/2020).

Menurut Wiku terjadi kenaikan kasus di Gorontalo pada satu minggu terakhir, dari 72 menjadi 369 positif. Kenaikan terjadi lebih dari 400 persen dari Minggu 16 sampai 26 Juli 2020. 

Baca: Enam Pegawai Kecamatan Bubutan Kota Surabaya Terpapar Corona

Baca: Bukan Konspirasi, Virus Corona Ancaman Nyata di Sekitar Kita

“Ini perlu menjadi perhatian kita bersama, dan kalau kita lihat pada kelompok usia, ternyata yang positif kontribusinya pada usia 18 sampai 30 tahun sebesar 40,54 persen. Ini adalah angka yang cukup tinggi pada usia produktif 18 sampai 30 tahun, dan yang meninggal usia 45 tahun ke atas kontribusinya adalah 82 persen,” kata Wiku. 

Menurut Wiku, tingginya usia produktif yang terinfeksi Covid-19 harus menjadi perhatian. Pasalnya usia-usia tersebut sebagian tidak menimbulkan gejala dan dapat membahayakan kelompok usia rentan.

“Mohon agar masyarakat usia produktif untuk betul-betul menerapkan protokol kesehatannya agar tidak menjadi positif atau tertular. Karena, ini membahayakan kelompok-kelompok rentan,” pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved