Breaking News:

Virus Corona

Ma'ruf Ingin MUI Siapkan Fatwa terkait Vaksin Covid-19

Dia berharap vaksin Covid-19 dapat tersedia bagi masyarakat pada pertengahan 2021 atau bahkan lebih cepat dari itu.

dokumentasi setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan arahan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyiapkan fatwa baru lainnya terkait penanganan Covid-19.

Adapun Fatwa baru tersebut, yaitu terkait dengan ketersediaan vaksin Covid-19 untuk pengobatan penyakit tersebut.

Dia berharap vaksin Covid-19 dapat tersedia bagi masyarakat pada pertengahan 2021 atau bahkan lebih cepat dari itu.

"Kita berdoa semoga upaya pemerintah dalam menyegerakan tersedianya vaksin dapat terwujud dan dalam kaitan ini MUI perlu mempersiapkan fatwanya," ujar Ma'ruf dalam sambutan di webinar bertajuk Peranan Fatwa MUI pada Masa Pandemi Covid-19 dan Dampak Hukumnya yang digelar Universitas Al-Azhar Indonesia, Rabu (5/8/2020).

Baca: Makamkan Jenazah Covid-19 Hanya Berpopok Tanpa Kafan Apakah Boleh? Ini Syariatnya Berdasar Fatwa MUI

Ma'ruf menjelaskan secara umum bahwa fatwa dalam Islam bersifat meringankan sesuai ajaran agama, tetapi tak sekadar mencari kemudahan saja.

"Fatwa baru yang diputuskan ulama berorientasi pada prinsip meringankan, tetapi tetap dengan koridor ajaran agama Islam dan tidak berorientasikan cuma mencari kemudahan, dan tidak pula mencari keringanan-keringanan saja," katanya.

Hal itulah yang menunjukkan bahwa pada dasarnya, kata Ma'ruf, hukum Islam punya fleksibilitas dalam pelaksanaannya sesuai dengan kondisi seperti saat pandemi Covid-19 ini.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah melalui perusahaan farmasi Bio Farma tengah mengembangkan vaksin Covid-19.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan Bio Farma mampu memproduksi vaksin Covid-19 sebanyak 250 juta dosis per tahun di akhir tahun 2020.

Itu disampaikan saat meninjau laboratorium dan fasilitas produksi Bio Farma, perusahaan induk BUMN di bidang farmasi, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020). 

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved