Breaking News:

Virus Corona

Respons Politikus Golkar Sikapi Ditutupnya Puluhan Kantor Karena Temuan Kasus Covid-19 di Jakarta

Basri Baco mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus melakukan evaluasi terhadap kebijakan pelonggaran masa PSBB transisi.

Istimewa
Basri Baco 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 31 perkantoran ditutup Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI setelah adanya temuan kasus positif Covid-19 dan kedapatan melanggar aturan pembatasan 50 persen kapasitas karyawan.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus melakukan evaluasi terhadap kebijakan pelonggaran masa PSBB transisi.

"Pemprov DKI Jakarta harus mengakui dan mengevaluasi bahwa dengan adanya 31 klaster perkantoran, ini bentuk kegagalan mengantisipasi," ucap Basri saat dihubungi, Kamis (6/8/2020).

Baca: Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di DKI Jakarta Mencapai 63,4 Persen

Padahal kata dia, ketika kebijakan pembatasan dilonggarkan pemerintah daerah punya tanggung jawab melakukan pengawasan ketat dan meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seharusnya bukan cuma sekadar membuat aturan yang berlandaskan hukum saja, tapi juga mengimplementasikan aturan tersebut.

Sebab saat ini Baco menilai Pemprov DKI hanya sekadar punya aturan untuk menindak pelanggar, tapi tidak melakukan pengawasan secara masif dan ketat.

Baca: DKI Tutup 31 Perkantoran: 24 Karena Ditemukan Kasus Covid-19, Sisanya Langgar Protokol Kesehatan

"Ini yang selalu dari awal saya katakan, bahwa ketika kita sudah buka kantor, maka tanggung jawab Pemprov tidak boleh lepas," ucap dia.

"Tidak hanya buat Pergub dan membagikan aturannya, tapi kalau tidak ada kontrol di gedung-gedung itu terkait pelaksanaan protokol kesehatannya ini akan jadi bencana," katanya.

Sebelumnya Disnakertrans DKI mengungkap ada 31 perkantoran yang ditutup. Rinciannya 24 kantor ditutup karena ada laporan kasus Covid-19, dan 7 kantor lainnya melanggar protokol kesehatan yang diatur.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Halaman
1234
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved