Breaking News:

Virus Corona

Keberhasilan Tiap Orang Terhindar dari Covid-19 Tergantung Tingkat Kepatuhan pada Protokol Kesehatan

Mariya Mubarika mengatakan keberhasilan setiap orang terhindar dari Covid-19 tergantung pada tingkat kesiapan dan kepatuhan tehadap protokol kesehatan

WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha
Manusia Gerobak satu keluarga berjalan melintasi Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2020) sore. Mereka mengais rejeki dengan mengumpulkan barang bekas dan hasilnya dijual untuk biaya hidup sehari-hari. Pandemi Covid-19 ini sangat menyulitkan manusia gerobak untuk mencari nafkah. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Staf Khusus Menteri Kesehatan Mariya Mubarika mengatakan keberhasilan setiap orang terhindar dari Covid-19 tergantung pada tingkat kesiapan dan kepatuhan tehadap protokol kesehatan.

"Jadi ini adalah kesimpulan yang mendasar ya jika dibandingkan dari beberapa parameter yang sudah ada," kata dokter Mariya dalam dikusi Solusi Untuk Negeri, Minggu (9/8/2020).

Menurut Mariya, banyaknya tes deteksi Covid-19 tidak menjamin penyebaran virus akan berhenti apabila tidak dibarengi dengan disiplin penerapan protokol kesehatan.

Seperti halnya di Taiwan menurutnya jumlah tes yang dilakukan tidak terlalu banyak. Di taiwan menurutnya jumlah tes per 1 juta penduduk hanya 3489, dengan jumlah kasus 479, dan angka kematian 7 dari 28 juta penduduk.

"Jadi kalau dibandingkan satu negara, tes per satu juta penduduk kita 6194, dua kali lipat dari Taiwan sesungguhnya, cuman kalau dibandingkan negara lain ya kita agak rendah," katanya.

Baca: Kerja di Tengah Pandemi Covid-19, Mikha Tambayong Ketakutan

Apalagi menurut dia, pengendalian penyebaran Covid-19 di Indonesia lebih komplek karena merupakan negara kepulauan.

Disparitas penyebaran kasus antara pulau sangat tinggi.

"Kalau dilihat ini 17000 pulau loh, bukan wilayah-wilayah yang misalnya seperti Singapura.

Tapi kalau kita lihat di Jakarta dari kasus yang 25.000, kematian ada 924, total tes sudah banyak sekali sampai per 1 juta penduduk 48728 dari 10 juta penduduk dibandingkan dengan Taiwan ini berapa kali lipat," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved