Breaking News:

Virus Corona

Satgas Covid-19 Sebut Banyak Warga Tidak Gunakan Masker Saat Acara Deklarasi KAMI

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker pada acara deklarasi KAMI

https://covid19.go.id/
Wiku Adisasmito 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memantau kegiatan masyarakat yang berpotensi menularkan virus Corona atau Covid-19 karena tidak diterapkannya protokol kesehatan.

Salah satunya yakni kegiatan deklarasi Koalsisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Tugu Proklamasi, Jakarta.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker pada acara tersebut.

Baca: Peringatan Hari Konstitusi 2020, Digelar Sederhana di Tengah Pandemi Covid-19

"Ini terlihat kerumunan massa cukup besar dan berdekatan, sebagian ada yang menggunakan masker, namun cukup banyak yang tidak menggunakan masker, atau menggunakan masker namun diturunkan di dagu," kata Wiku di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (18/8/2020).

Wiku meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak membuat klaster baru penyebaran Covid-19 karena berkerumun, tidak menjaga jarak, dan tidak mengenakan masker.

Baca: Ini Cara Pemerintah Lindungi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

"Hal-hal seperti ini kami mohon perhatian masyarakat bahwa apa yang kita capai secara bersama dan berusaha susah payah yang tadi ditunjukan dengan zonasi resiko itu menggambarkan tingkat penularan. Apabila kejadian kejadian ini terulang maka klaster yang dipertanyakan banyak pihak itu akan muncul," katanya.

Baca: UPDATE 18 Agustus: Kasus Positif Covid-19 Bertambah 1.673, Angka Kematian 4,4%

Menurutnya pengendalian penyebaran Covid-19 harus dilakukan bersama sehingga tercipta masyarakat yang sehat dan aman dari Covid-19.

Dengan seperti itu menurutnya maka kegiatan sosial ekonomi masyarakat dapat kembali berjalan.

"Jadi kembali lagi kami mohon disiplin menggunakan masker dan jaga jarak karena apa yang sudah terjadi, sebuah refleksi dari kegembiraan masyarakat sehingga lupa menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Halaman
1234
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved