Virus Corona

Menko Airlangga Hartarto Inisiasi Gerakan Kampanye Masker Nasional

Pemerintah tidak hanya fokus kepada pemulihan ekonomi dengan mengeluarkan berbagai bantuan dan stimulus tapi juga kesehatan dan keselamatan masyarakat

Editor: Eko Sutriyanto
ist
Ketua PC-PEN yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat meluncurkan gerakan Kampanye Masker Nasional di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (30/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) mengadakan Gerakan Kampanye Masker Nasional di di Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Ketua PC-PEN yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat menggunakan masker melalui gerakan membagi dan mengajak memakai masker.

Menurutnya, menggunakan masker adalah cara sederhana dan paling efektif mencegah penularan Covid-19.

“Lindungi diri, lindungi negeri. Saya mengajak masyarakat untuk menggunakan masker untuk pencegahan covid-19. Ayo jangan kendor, disiplin pakai masker. Dengan menggunakan masker, jika seseorang telah menjadi carrier Covid-19, maka dapat mencegah agar tidak menulari orang lain. Jika seseorang bukan carrier, akan terlindungi agar tidak tertular Covid-19," kata Menko Airlangga di Stadion Utama GBK.

Airlangga menjelaskan, pemerintah tidak hanya fokus kepada pemulihan ekonomi dengan mengeluarkan berbagai bantuan dan stimulus tapi pemerintah juga fokus pada kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Baca: Airlangga Hartarto: Jika Vaksin Masih Dalam Penelitian, Memakai Masker Adalah Kunci Utama

Menurut Airlangga, kesehatan masyarakat harus beriringan dengan pemulihan ekonomi nasional dan bangkitnya ekonomi nasional di masa pandemi ini juga dimulai dari kedisiplinan masyarakat menggunakan masker.

“Meningkatnya kepatuhan masyarakat menggunakan masker sejalan dengan upaya untuk membangun rasa aman bagi masyarakat. Hal ini merupakan kunci utama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional kita. Kesehatan pulih, ekonomi bangkit,,” ujarnya.

Terkait vaksin, Airlangga Menjelaskan, pemerintah tengah melakukan uji vaksin di Bandung dan diharapkan ada progress dari uji vaksin tersebut.

“Pemerintah juga telah menyiapkan anggaran untuk produksi vaksin setidaknya 30 juta vaksin di tahun ini,”imbuhnya.

Baca: Dokter Reisa Sebut Olahraga Memakai Masker Tidak Membuat Asupan Oksigen Berkurang, Asalkan . . .

Secara simbolis acara ini membagikan masker kepada perwakilan atlet dan perwakilan masyarakat. Selain itu, sebanyak 22.500 masker dari Kemenko Perekonomian dan 20.000 masker dari Kementerian Kesehatan dibagikan kepada masyarakat umum yang sedang beraktivitas olahraga di Kawasan GBK dan yang hadir pada acara tersebut. Ke depan, selain kampanye menggunakan masker, pemerintah juga akan menggaungkan Gerakan 3M lainnya yaitu Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Hadir dalam acara ini dihadiri Menpora Zainudin Amali, Kepala BNPB Doni Monardo, Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro, Direktur PPK-GBK Winarto, Sesmenko Susiwijono Moegiarso, Sekjen Kemenkes Oscar Primadi serta beberapa pejabat Eselon I dari Kemenko Perekonomian, Kemenkes, dan BNPB.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved