Breaking News:

Virus Corona

Perlukah Mengenakan Masker Saat Berada di Rumah? Ini Kata Dokter Paru

bagaimana saat berada di dalam rumah dan bersama keluarga, perlukah tetap bermasker itu diterapkan?

St. Lucia News Online
Ilustrasi - Keluar rumah pakai masker 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah diumumkan kasus pertama pada Maret lalu, pandemi Covid-19 di Indonesja belum juga berakhir. Bahkan, beberapa klaster baru muncul, di antaranya klaster pasar hingga perkantoran.

Pemerintah menyerukan protokol kesehatan, salah satu di antaranya adalah memakai masker saat keluar rumah.

Lalu, bagaimana saat berada di dalam rumah dan bersama keluarga, perlukah tetap bermasker itu diterapkan?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dr. Agus Dwi Susanto mengatakan jika seseorang berinteraksi dengan orang yang rentan, memakai masker di dalam rumah dianjurkan.

"Misalnya, ada kelompok rentan di keluarga kita, misalnya orangtua, anak-anak, atau yang sudah memiliki penyakit dasar seperti paru, jantung, itu disarankan kita tetap memakai masker," kata Agus dalam dialog publik di Graha BNPB, Jumat (18/9/2020).

Baca: Meski Masker Kain 3 Lapis Lebih Aman dari Scuba, Tapi Bisa Berbahaya Jika Salah Saat Mencucinya

Agus memahami ketika memakai masker,  ada rasa tidak nyaman, berbeda saat tidak menggunakan masker.

Namun kembali, Agus mengingatkan jika di luar rumah patuh protokol kesehatan dan saat di rumah ada orang rentan, hal itu wajib dilakukan.

"Kalau kita sudah menjalankan protokol kesehatan dan yakin menjalankannya dengan baik, membersihkan diri, maka tidak sepenuhnya kita harus menggunakan masker saat di rumah," katanya.

"Tapi kalau kita tidak yakin, maka penggunaan masker disarankan, karena kita tahu itu bisa mengurangi risiko apabila virus itu kita bawa," ujarnya.

Agus juga menyarankan jika memang bukan karena hal-hal penting, sebaiknya tak ada aktivitas di luar rumah. Ini demi menjaga keluarga dari potensi penyebaran virus dan menularkan ke orang rentan dalam keluarga.

"Stay at home jadi salah satu hal yang harus kita ingatkan kepada keluarga. Diharapkan para keluarga tetap tinggal di rumah, karena potensi penularan muncul ketika ada kontak dengan orang yang sakit di luar rumah," pungkasnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved