Breaking News:

Virus Corona

Satgas Covid-19 Imbau Warga Usia di Atas 45 Tahun Tak Keluar Rumah

warga berusia 45 tahun ke atas dapat menimimalkan risiko penularan virus corona untuk tetap berada di rumah.

istimewa
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Satuan Tugas Covid-19 mengimbau agar warga di atas 45 tahun untuk berkegiatan di dalam rumah, tidak keluar rumah kecuali keadaan mendesak.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memaparkan, bahwa hampir 80% pasien Covid-19 yang meninggal dunia berusia di atas 45 tahun.

Untuk itu, warga berusia 45 tahun ke atas dapat menimimalkan risiko penularan virus corona untuk tetap berada di rumah.

"Kasus kematian paling banyak terjadi di usia 45 tahun ke atas, yakni sebesar 79,78% dari total kasus kematian Covid-19 di Indonesia," kata Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020) lalu.

Wiku melanjutkan, kelompok usia produktif 19-45 tahun memiliki persentase paling besar tertular Covid-19.

Baca: Yurianto: Kita Harus Berubah, Tidak Bisa Lagi Bernostalgia Kehidupan Seperti Sebelum Ada Covid-19

Ia menyebut, kelompok usia 19-45 tahun dapat menjadi carrier yang bisa menularkan virus ke keluarga atau pun ke kelompok orang rentan yang tinggal bersama mereka.

"Kami mohon juga kepada seluruh anggota masyarakat juga benar-benar disiplin untuk menjaga diri dan terutama tidak menulari orang-orang yang terdekat. Terutama adalah masyarakat yang berusia rentan dimohon untuk tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Dan untuk masyarakat dengan usia produktif sekali lagi kami ingatkan agar betul-betul disiplin menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah agar tidak tertular dan menularkan kepada keluarganya yang ada di rumah," ungkapnya.

Dilihat dari data di situs resmi covid19.go.id, pasien terkonfirmasi sebanyak 3.891 orang, sehingga total kasus positif Covid-19 sebanyak 236.519 orang, pada Jumat (18/9/2020).

Adapun total kasus sembuh sebanyak 170.774 orang. Sementara jumlah yang meninggal dunia menjadi 9.336 orang.

Pemerintah saat ini tengah berupaya menekan angka kematian.

Angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia sebesar 4% dari kasus terkonfirmasi positif, yang mana jumlah itu lebih tinggi dari angka kematian dunia yang hanya 3,15%.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved