Breaking News:

Penanganan Covid

Bima Arya: Warga Bogor Paling Susah Jaga Jarak Tapi Rajin Pakai Masker

Walikota Bogor Bima Arya mengungkapkan masyarakat Bogor sangat rajin mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19.

Kompas.com
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Walikota Bogor Bima Arya mengungkapkan masyarakat Bogor sangat rajin mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19.

Namun, Bima menyebut, masyarakat Bogor paling susah menjaga jarak.

Serta, hanya sebagian masyarakat yang rajin mencuci tangan.

Hasil itu didapatkan dari survei Pemkot Bogor bekerja sama dengan komunitas LaporCovid-19 terkait persepsi masyarakat terhadap pandemi Covid-19.

Baca juga: Projo Luncurkan Kampanye Ewako Lawan Covid-19 di Makassar

Hal itu disampaikan Bima Arya dalam Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Kamis (15/10/2020).

"Hasilnya menarik, ternyata warga Bogor paling susah menjaga jarak. Tapi rajin menggunakan masker. Nah ditengah-tengahnya mencuci tangah," kata Bima.

Bima pun mengatakan, hasil itu juga membuat dirinya khawatir. Pasalnya, masih ada masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Provinsi Prioritas Memiliki Trend Positif Kecuali Jawa Tengah, Papua, dan Bali

Menurut Bima, seharusnya masyarakat melaksanakan protokol kesehatan 3M ini tidak setangah-setengah.

Maka dari itu, Bima mengatakan, pihaknya akan terus gencar melakukan pendisiplinan protokol kesehatan dengan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Angka ini menunjukkan betapa pentingnya kita melakukan fungsi edukasi,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Catatan redaksi: Bersama-kita lawan virus Corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved