Breaking News:

Virus Corona

Penularan Covid-19 Justru Terjadi dari Orang-orang di Sekitar Pasien, di Rumah Juga Bisa Tertular

Penularan Covid-19 ditemukan saat ini justru terjadi dari orang-orang di sekitar pasien. Sehingga, orang yang tetap berada di rumah pun bisa tertular.

istimewa/Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo (pakai rompi) dalam acara Media Bertanya, Doni Monardo Menjawab” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Jumat (9/10) sore 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkap sebanyak 7 persen pasien Covid-19 yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran bukanlah orang yang sering ke luar rumah.

Menurut Doni, mereka merupakan orang yang menjalankan imbauan pemerintah agar tetap di rumah untuk menghindari penularan Covid-19.

"Dari data yang kami peroleh, 7 persen mereka yang dirawat di Wisma Atlet di Jakarta itu terpapar Covid bukanlah orang yang ke luar rumah. Mereka semuanya berada di rumah sebagaimana imbauan pemerintah ternyata mereka pun terpapar Covid," kata Doni, Jumat (16/10/2020).

Kepala BNPB ini menilai, angka itu menunjukkan bahwa penularan Covid-19 ditemukan saat ini justru terjadi dari orang-orang di sekitar pasien.

Sehingga, orang yang tetap berada di rumah pun bisa tertular virus Corona.

Baca juga: Sejumlah Orang Dekat Paus Fransiskus Dikabarkan Kena Virus Corona

"Kita terpapar Covid bukan dari orang yang jauh. Tetapi biasanya dari orang terdekat dengan kita atau orang-orang di sekitar kita bahkan keluarga kita sendiri," jelas Doni.

Maka dari itu, Doni mengingatkan bahwa covid ini sangat berbahaya terutama mereka yang memiliki penyakit penyerta atau lansia.

"Ini adalah kelompok rentan. Ketika mereka terpapar Covid, dampaknya bisa sangat fatal," ucap Doni.

Doni menuturkan, hingga saat ini data jumlah pasien yang terpapar virus corona secara global mencapai 1 juta orang.

Sementara di Indonesia, jumlah kasus positif Covid-19 sudah mencapai 350.000 dan kasus kematian yang telah melampaui 12.000 orang.

Halaman
123
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved