Breaking News:

Penanganan Covid

Banyak Daerah yang Awalnya Tanpa Kasus Covid-19 Kini Zona Oranye dan Kuning, Satgas: Jangan Lengah

Melihat peta zonasi risiko pada pekan ini, menunjukkan perkembangan siginifikan pada zona merah atau risiko tinggi.

https://www.freepik.com/
Ilustrasi zona hijau 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Melihat peta zonasi risiko pada pekan ini, menunjukkan perkembangan siginifikan pada zona merah atau risiko tinggi.

Zona merah sebaran daerahnya turun dari 32 menjadi 20 daerag.

Namun ternyata pada zona oranye atau risiko sedang meningkat dari 344 menjadi 360 atau 70% dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia saat ini berada di zona oranye.

Baca juga: Peringatan Maulid Nabi di Zona Merah Dilarang Kerahkan Massa

Baca juga: Satgas Covid-19 Minta Liga Sepakbola Pertimbangkan Status Zona Lokasi

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan agar daerah yang sudaj zona hijau tidak lengah.

"Ini adalah bukti bahwa banyak daerah yang terlena karena tidak masuk pada zona merah. Ingat, zona oranye juga masih berbahaya dan berisiko terjadi peningkatan penularan. Jika tidak waspada dan terus lengah, maka kabupaten/kota di zona oranye sewaktu-waktu dapat berpindah ke zona merah," ucap Wiku.

Pada pekan ini juga terjadi perubahan pada zona hijau. Terjadi penurunan drastis jumlah daerah pada zona hijau atau tidak ada kasus baru, dari 12 menjadi 7.

Dan pada zona hijau tidak terdampak menurun dari 13 menjadi 12 kabupaten/kota.

Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan pencegahan klaster baru saat libur panjang.
Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan pencegahan klaster baru saat libur panjang. (Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional)

4 Daerah Berubah Jadi Zona Oranye
Yang perlu menjadi perhatian katanya, terdapat 4 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak ada kasus baru kini masuk zona oranye.

Ini Daftarnya
Bengkulu Selatan (Bengkulu)
Tojo Una-Una (Sulawesi Tengah)
Pulau Taliabu (Maluku Utara)
Mbramo Tengah (Papua).

Daerah Tanpa Kasus, Kini Berubah Kuning
Lalu ada 2 kabupaten/kota yang sebelumnya zona hijah tidak ada kasus baru dan masuk zona kuning.

Daerah ini yakni Lebong (Bengkulu) dan Lingga (Kepulauan Riau).

"Dan ada 1 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak pernah ada kasus Covid-19 menjadi ada dan masuk ke zona kuning yaitu Natuna di Kepulauan Riau," sebut Wiku.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved