Breaking News:

Penanganan Covid

IDI: Mobilitas Masyarakat Pengaruhi Angka Positif Covid-19

Wakil ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi menilai situasi pandemi Covid-19 di tanah air sangat dipengaruhi mobilitas masyarakat.

Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Dr. Moh Adib Khumaidi. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi menilai situasi pandemi Covid-19 di tanah air sangat dipengaruhi mobilitas masyarakat.

Semakin tinggi mobilitas warga, angka positif Covid-19 turut mengikuti.

Seperti halnya, pasca libur panjang akhir pekan Mei lalu yang meningkatkan fluktuasi kasus Covid-19 sampai 20 persen, kemudian long weekend Agustus yang meningkatkan angka infeksi di atas dari 10 persen, dengan test rate lebih dari 20 persen.

"Yang kemarin itu sudah turun sampai 40% kemungkinan besar adalah dampak dari mobilitas yang terjadi di masyarakat sehingga meningkatkan fluktuasi daripada angka positif yang terjadi di masyarakat juga," ujarnya dalam konferensi virtual BNPB 'Kesiapan Penanganan Pasien di RSDC', Senin (16/11/2020).

Baca juga: Didi Apriadi Dorong Pengurus MCMI Lakukan Pencegahan Covid-19 di Masjid

Ia pun menyinggung, angka kenaikan kasus Covid-19, dua hari lalu yang mencapai 5ribu kasus lebih.

Meski jadi angka tertinggi selama 8 bulan ini, Adib menyebut hal itu bukanlah menjadi puncak Covid-19.

"Memang tidak bisa mengatakan bahwa kita sudah sampai puncak (Covid-19) ini sangat terpengaruh dengan mobilitas yang terjadi di masyarakat," ungkap Adib.

Baca juga: Kampanye #PesanAnakHebat untuk Bantu Turunkan Jumlah Kasus Covid-19

Sebagai tenaga medis, Adib tak bosan mengingatkan konsep protokol kesehatan 3M yang harus selalu dipahami masyarakat sebagai cara efektif menekan penularan virus corona.

"Konsep selalu kita sampaikan bahwa menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan bisa menurunkan lebih dari 85%," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved