Breaking News:

Virus Corona

Sama dengan Menkes Terawan, Satgas Juga Belum Bisa Pastikan Dimulainya Vaksinasi Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jadwal program vaksinasi nasional bergantung pada hasil uji klinik vaksin tahap III.

Tangkap layar channel YouTube BNPB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jadwal program vaksinasi nasional bergantung pada hasil uji klinik vaksin tahap III.

Pernyataan Wiku tersebut merespon pertanyaan wartawan mengenai jadwal pasti dimulainya vaksinasi karena Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut belum menentukan jadwal karena vaksinnya belum ada.

"Jadi program vaksinasi nasional pada prinsipnya sangat bergantung pada hasil uji klinis tahap tiga yang sedang dilakukan yang nantinya akan dikaji oleh BPOM sebelum dikeluarkan Emergency Use Authorization (izin penggunaan darurat)," kata Wiku dalam Konferensi pers secara virtual di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (26/11/2020).

Baca juga: Vaksin Covid-19 Harus Cepat Tersedia, Terjangkau Rakyat, dan Prioritaskan Produksi Indonesia

Pemerintah menurut Wiku terus berupaya agar tahapan uji klinik dapat berjalan sesuai rencana, sehingga vaksinasi dapat dilakukan sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah.

"Sekarang pemerintah sedang fokus memastikan bahwa vaksin yang nanti digunakan aman berkhasiat dan minim efek samping," katanya.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengaku bahwa pemerintah belum memastikan waktu dimulainya vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Meski Belum Ada Kejelasan Vaksin Corona, Gubernur Tokyo Tetap Selenggarakan Olimpiade pada Juli 2021

Karena menurutnya hingga saat ini vaksin Covid-19 belum ada.

"Kita doanya makin cepat makin baik, namun juga harus aman. Tapi kalau waktu ya, wong barangnya belum ada. Saya kira kalau barang ada ya menyikapinya beda," kata Terawan di DPR 17 November lalu.

Pernyataan Terawan tersebut berbeda dengan Presiden Jokowi yang optimis bahwa vaksinasi akan dimulai akhir 2020 atau awal 2021.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved