Breaking News:

Virus Corona

Satgas Covid: Kepatuhan Masyarakat Gunakan Masker Menurun

Wiku Adisasmito mengatakan terjadi penurunan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Wiku Adisasmito 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan terjadi penurunan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan data terkahir yang dimiliki Satgas tingkat kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker turun dari 83,67 persen di awal September menjadi 57,78 persen di awal Desember.

"ini diperburuk juga dengan kenyataan bahwa kedisiplinan menjaga jarak juga turun dari 59,57 persen menjadi 41,75 persen pada periode yang sama," kata Wiku, Selasa, (8/12/2020).

Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S)

Turunnya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan tersebut menyebabkan tren peningkatan kasus Covid-19 terus terjadi.

Bahkan pada Kamis pekan lalu, kasus harian mencapai angka 8.369 kasus.

"Angka ini menunjukkan kondisi yang sangat membahayakan dan mencerminkan masih tingginya penularan yang terjadi di masyarakat," katanya.

Baca juga: Cerita Airlangga Hartanto Sejak Maret Pemerintah Sibuk Cari Produsen Vaksin Covid-19

Padahal menurut Wiku, tidak ada upaya lain lagi selain protokol kesehatan yang dapat efektif menekan penyebaran Covid-19. 

Oleh karena itu disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan kewajiban.

"Saya juga meminta kepada pimpinan dan aparat penegak hukum di daerah untuk terus melakukan penegakan disiplin terhadap masyarakat yang masih tidak patuh terhadap protokol kesehatan dan tidak pandang bulu. ingat! dokter dan tenaga kesehatan yang memberikan perawatan merupakan benteng terakhir. jumlah mereka sangat terbatas. hargailah mereka," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved