Breaking News:

Virus Corona

Siswa Sekolah Diberi Pelatihan Tanggap Pertolongan Pertama dan Pandemi COVID-19

Materi pertolongan pertama yang diajarkan antara lain adalah mengatasi tersedak, luka bakar, luka berdarah, dan patah tulang

HandOut/Istimewa
Prudential Indonesia bersama Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan pelatihan kesiapsiagaan Safe Steps Kids terhadap Pertolongan Pertama serta pencegahan COVID-19 kepada 1.000 anak sekolah dasar di Jakarta dan Depok secara virtual. Selain memberikan materi edukasi menggunakan karakter yang dekat dengan keseharian anak, tim PMI menyampaikan materi secara interaktif dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak serta mencontohkan langsung pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh anak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak seribu siswa sekolah dasar di wilayah Jakarta dan Depok akan diberi pelatihan kesiapsiagaan anak terhadap Pertolongan Pertama serta pencegahan COVID-19.

Pelatihan dengan tajuk program Safe Steps Kids itu akan dilaksanakan secara daring.

Program ini diinisiasi PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, menjelaskan melalui edukasi ‘Safe Steps Kids’, pihaknya ingin mempersiapkan anak menghadapi berbagai skenario darurat yang dapat terjadi sewaktu-waktu, khususnya cedera pada tubuh.

“Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan kreativitas, kebebasan, dan imajinasi. Sikap spontan sehari-hari mereka juga tanpa disadari seringkali berpotensi membahayakan. Bahkan faktanya, sebanyak 77,4% anak Indonesia usia 5-14 tahun mengalami cedera ketika beraktivitas di rumah, sekolah dan lingkungan sekitarnya,” kata Nini dalam keterangannya, Selasa (22/12/2020).

Selain pertolongan pertama, program “SAFE STEPS Kids” juga memberikan pengetahuan mengenai COVID-19.

“Kedua materi edukasi pun kian relevan di tengah situasi adaptasi kebiasaan baru sekarang, dan dapat menjadi bekal bagi anak-anak menjelang dibukanya kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah. Ini merupakan bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia pada pilar Kesehatan dan Keselamatan,” tambah Nini.

Baca juga: Detik-detik Seorang Pelajar Tewas Dibegal di Bekasi, Berawal Saat Sang Ibu Memintanya Pulang

Memberikan pemahaman pertolongan pertama secara tepat, kata dia, dapat membantu anak lebih sadar diri atas batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika terjadi cedera atau kecelakaan, supaya tidak berdampak menjadi lebih serius.

Selain itu, mengingat jumlah kematian anak di Indonesia akibat COVID-19 adalah yang tertinggi di Asia Tenggara, penting bagi anak untuk memahami bahaya virus tersebut dan upaya untuk menghindari penularannya.

Halaman
12
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved