Breaking News:

Virus Corona

WNA Dilarang Masuk Indonesia 1-14 Januari 2021, Berikut Penjelasan Satgas Udara Covid-19

Pemerintah melarang warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia mulai tanggal 1 sampai 14 Januari 2020.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melarang warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia mulai tanggal 1 sampai 14 Januari 2020.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Kepala Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Pas M.A Silaban mengatakan, terkait kebijakan tersebut Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi pintu gerbang Indonesia akan melakukan sejumlah antisipasi.

Menurutnya, sejumlah personel di Bandara Soekarno-Hatta akan memastikan peraturan terkait larangan bagi WNA untuk masuk ke Indonesia berjalan baik.

Baca juga: Penerbangan Internasional di YIA Kulon Progo Tak Berpengaruh Larangan WNA Masuk Indonesia

"Meski begitu tidak semua WNA dilarang untuk masuk ke Indonesia, terdapat pengecualian yaitu bagi pemegang visa diplomatik dan visa dinas," ujar Kolonel Pas MA Silaban dalam keterangannya, Jumat (1/1/2021).

Sesuai SE Nomor 4 Tahun 2020, Indonesia akan menutup sementara masuknya WNA dari semua negara baik itu penerbangan langsung atau transit.

Namun ada dispensasi untuk WNA yang diperbolehkan masuk ke Indonesia yaitu untuk mereka yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta khusus tanggal 1 Januari 2021 pukul 00.00 WIB-06.00 WIB.

Baca juga: Wagub DKI Dukung WNA Dilarang Masuk Indonesia, Wali Kota Airin Sampaikan Terima Kasih pada Menlu

Dispensasi ini diberikan karena berkaitan dengan operasional penerbangan yang dinamis.

"Tetapi jika masih ada WNA yang mendarat pada periode pelarangan masuk Indonesia, maka harus terbang kembali ke luar Indonesia," kata Kolonel Silaban.

Halaman
123
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved