Breaking News:

Virus Corona

Dua Mobil Ambulans BNPB ke Rutan KPK, Jemput 5 Tahanan yang Positif Covid-19

Dua unit mobil ambulans yang bertuliskan Satgas Covid-19 BNPB mendatangi Rutan K4 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Ist
ambulans di KPK 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua unit mobil ambulans yang bertuliskan Satgas Covid-19 BNPB mendatangi Rutan K4 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Rabu (13/1/2021). Dua ambulans ini tiba pukul 13.43 WIB.

Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan terdapat lima tahanan KPK yang positif Covid-19.

Hasil ini didapatkan setelah para tahanan menjalani swab test PCR pada Senin (11/1/2021) kemarin lusa.

"Dari hasil swab PCR kedua kalinya terhadap 10 orang tahanan di Rutan Cabang KPK di Gedung Merah Putih, saat ini ada 5 orang tahanan yang juga terkonfirmasi positif Covid-19," kata Ali melalui keterangannya, Rabu (13/1/2021).

Kelima tahanan yang telah dinyatakan positif Covid-19 langsung di bawa menuju Wisma Atlet Kemayoran untuk mendapatkan perawatan.

"Untuk itu, siang hari ini, kelima tahanan tersebut akan segera dipindahkan ke wisma atlet untuk menjalani perawatan dan isolasi mandiri," ujar Ali.

Baca juga: Positif Covid-19, 14 Tahanan KPK Dipindahkan ke Wisma Atlet

Ali menambahkan, selama berada di Wisma Atlet Kemayoran, tetap diberlakukan penjagaan dari tim pengawal tahanan KPK. Begitu juga memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Sebelumnya, KPK menyatakan bahwa terdapat 14 orang tahanan mereka terpapar virus Covid-19.

Ali mengatakan hal ini didapatkan berdasarkan dari hasil swab test PCR yang dilakukan Kamis (7/1/2021).

"Berdasarkan informasi yang kami terima, dari hasil swab PCR yang dilakukan tanggal 7 Januari 2021 terhadap para tahanan yang berada di Rutan Merah Putih KPK, ada 14 orang tahanan dengan hasil positif," kata Ali, Jumat (8/1/2021).

Ali juga mengatakan bahwa KPK terus melakukan langkah antisipatif guna mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan rapid test antigen kepada para petugas pengawal tahanan.

"Saat ini juga sudah dilakukan langkah-langkah antisipatif penyebaran wabah covid dengan dilakukan penelusuran dan telah dilakukan rapid test antigen terhadap para petugas pengawal tahanan serta petugas rutan," kata Ali.

"Termasuk juga para tahanan yang berada di Rutan Cabang KPK di Gedung C1 maupun Pomdam Jaya Guntur juga dilakukan rapid test antigen dan hasilnya adalah negatif," tambahnya.

Sementara itu, 14 tahanan tersebut telah lebih dulu dipindahkan ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani perawatan dan isolasi mandiri dengan pengawasan petugas serta dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved