Breaking News:

Virus Corona

Menko PMK Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Antibodi dalam plasma darah yang cukup tinggi dapat didonorkan ke pasien lainnya untuk membantu mempercepat  kesembuhan.  

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
DONOR PLASMA KONVALESEN - Seorang pasien sembuh (penyintas) Covid-19, sedang melakukan donor plasma konvalesen di unit donor darah PMI Kota Tangerang, Rabu (17/12/2020). Plasma konvalesen atau plasma darah dari pasien sembuh (penyintas) Covid-19, menjadi terapi yang aman bagi pasien Covid-19. PMI.Kota Tangerang sudah mendapat izin dari Kemenkes dan PMI Pusat untuk menggelar donor darah plasma konvalesen. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan donor konvalesen merupakan salah satu upaya menyelamatkan masyarakat yang masih terjangkit Covid-19.

Pasien yang sembuh telah memiliki antibodi terhadap Covid-19 dalam berbagai level.

Antibodi dalam plasma darah yang cukup tinggi dapat didonorkan ke pasien lainnya untuk membantu mempercepat  kesembuhan.  

"Karena sudah terbukti dengan adanya plasma konvalesen itu banyak pasien Covid-19 yang terselamatkan," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

Muhadjir mengimbau kepada para penyintas yang telah sembuh dari infeksi virus untuk melakukan donor plasma konvalesen yang dapat menyelamatkan pasien Covid-19.

Baca juga: Jadi Penyintas Covid-19, Anies Donorkan Plasma Konvalesen ke PMI DKI

"Saya mohon kepada penyintas yang telah disembuhkan oleh Allah, oleh Tuhan dari wabah Covid-19 ini. Sekarang saatnya untuk memberikan bantuan memberikan sebagian dari berkahnya kepada saudara-saudaranya yang sekarang sedang mengalami cobaan," tutur Muhadjir.

Penyintas Covid-19 dapat melakukan donor plasma konvalesen tersebut dengan syarat medis tertentu di 29 Unit Donor Darah (UDD) PMI.
 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved