Breaking News:

Virus Corona

RSD Wisma Atlet Bantah Pasien Dipulangkan karena Kapasitas Tampung Penuh, Ini Penjelasannya

Kata Arifin, mereka yang memiliki CT di atas 32 menandakan pasien tersebut sudah tak lagi berpotensi menularkan virus, sehingga bisa diizinkan pulang.

Tribunnews/JEPRIMA
Petugas Kebersihan Bus (PKB) saat melakukan pengasapan anti bakteri kesalah satu bus usai digunakan untuk mengangkut pasien Covid 19 di Pool Bus Sekolah DKI Jakarta, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2021). Unit Pelayanan Angkutan Sekolah (UPAS) melakukan dua tahap sterilisasi yaitu penyemprotan cairan disinfektan dan pengasapan bakteri. UPAS mengerahkan 16 Armada bus sekolah dari 176 bus sekolah untuk mengantar dan menjemput pasien positif Covid menuju rumah sakit rujukan di Jakarta. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Dokter Lapangan RSD Covid-19 Wisma Atlet dr. Arifin menampik kabar yang menyebut pasien Covid-19 yang ditampung di Wisma Atlet sengaja dipulangkan karena kapasitas tempat tidur sudah penuh.

Arifin menjelaskan pasien yang sudah dibolehkan pulang adalah mereka yang telah dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab test, atau memiliki Cylce Threshold (CT) alias nilai pada hasil deteksi gen di atas 32.

Kata Arifin, mereka yang memiliki CT di atas 32 menandakan pasien tersebut sudah tak lagi berpotensi menularkan virus, sehingga bisa diizinkan pulang. 

"Misal CT sudah di atas 32, itu sudah menandakan mereka tidak infeksius, mereka boleh pulang. Jadi tidak ada hubungannya karena penuh terus mereka dipulangkan," kata Arifin di RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Menteri Airlangga Hartarto Ternyata Pernah Terpapar Covid-19, Istana Mengaku Tidak Tahu

Sekali lagi ia meluruskan, bahwa pasien RSD Wisma Atlet yang dibolehkan pulang hanyalah mereka yang telah dipastikan tak lagi berpotensi menularkan virus tersebut ke orang lain.

"Jadi yang dipulangkan adalah sudah dipastikan aman, yang negatif pasti pulang. Tetapi yang belum negatif tapi CT-nya sudah diatas 32 itu dipulangkan, itu sudah aman," tegas dia.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved