Breaking News:

Penanganan Covid

Kemenristek Kembangkan Gelang Pemantau Kepatuhan Pasien Covid-19

Kemenristek akan mengembangkan alat pemantau pasien Covid-19 yang sedang menjalankan masa penyembuhan atau isolasi mandiri.

Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro dalam Review Kinerja dan Outlook Kemenristek/BRIN di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (27/1/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) akan mengembangkan alat pemantau pasien Covid-19 yang sedang menjalankan masa penyembuhan atau isolasi mandiri.

Menristek/Kepala BRIN mengatakan melalui gelang berbasis wearable device tersebut, pasien Covid-19 dapat dipantau kepatuhannya.

"Bagi mereka yang positif (corona) dapat diberi gelang atau wearable device yang dihubungkan dengan internet untuk dimonitor kepatuhannya," ujar Bambang dalam Rapat Koordinasi Riset dan Inovasi Nasional Tahun 2021 di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (28/1/2021).

Baca juga: TERBARU:Penambahan 13.695 Kasus Covid-19 Pada 28 Januari, Total 1,037 Juta Kasus

Selain itu, terkait penanganan Covid-19, masyarakat juga dapat menggunakan perangkat health pass.

Perangkat ini dapat mencatat data hasil tes Covid-19 yang dilakukan masyarakat.

"Data hasil tes sekaligus bisa dimasukan dalam health pass semacam paspor terkaur Covid-19," ucap Bambang.

Baca juga: Yakinkan Masyarakat Klungkung Keamanan Vaksin Covid-19, Bupati Suwirta Jadi Penerima Vaksin Pertama

Dalam penanganan Covid-19, Bambang juga mengungkapkan bahwa banyak inovasi lain yang ditemukan lembaga penelitian dan perguruan tinggi di Indonesia.

Inovasi tersebut diantaranya alat tes Covid-19 yang menggunakan embusan nafas buatan UGM, yakni GeNose, lalu perangkat tes Rapid Antigen buatan Universitas Padjajaran, Cepad.

Kasus Covid-19 terkini

Halaman
12
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved