Breaking News:

Virus Corona

Menkes Inggris Minta Lansia Segera Hubungi Layanan Covid-19 untuk Divaksinasi Sebelum 15 Februari

ayanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris sebelumnya telah mengimbau kepada lansia yang berusia lebih dari 70 tahun untuk menunggu giliran divaksin.

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI NAKES LANSIA - Vaksinator RS Husada Utama melakukan vaksinasi kepada nakes, Senin (8/2). RS Husada Utama mulai melakukan vaksinasi kepada nakes lansia dimana hari pertama diikuti 22 nakes lansia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan dalam konferensi pers di Downing Street bahwa pemrerintah negara itu telah mengubah praktik kebijakan vaksinasi untuk para warga lanjut usia (lansia).

Sebagian lansia di Inggris telah menerima vaksinasi virus corona (Covid-19) untuk suntikan pertama.

Rincian kelompok lansia yang telah disuntik itu meliputi 91 persen dari mereka yang berusia di atas 80 tahun, 95 persen warga berusia 75 hingga 79 tahun, serta hampir tiga perempat dari mereka yang berusia antara 70 hingga 74 tahun.

Dikutip dari laman The Independent, Selasa (9/2/2021), Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris sebelumnya telah mengimbau kepada lansia yang berusia lebih dari 70 tahun untuk menunggu giliran mereka divaksinasi.

Baca juga: Kisah Asmara Segitiga Janda Sidoarjo dengan 2 Pria Lansia, Cemburu Buta Jupri Berujung Penjara

Baca juga: Pemerintah Siapkan Vaksinasi Covid-19 bagi 5.000 Awak Media Pers di Bulan Februari-Maret

Hal itu dilakukan agar mereka tidak perlu mendatangi rumah sakit maupun klinik yang kini sibuk melayani panggilan telepon.

Namun kini Hancock menekankan bahwa prosedur pelayanan tersebut sedang diubah untuk memastikan agar program vaksinasi ini bisa menjangkau lebih banyak lansia sebagai kelompok yang paling rentan.

Pemerintah Inggris memiliki batas waktu hingga 15 Februari untuk melakukan vaksinasi terhadap kelompok ini, tenaga kesehatan serta mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Selain itu, ia juga menawarkan kesempatan kedua bagi mereka yang menolak vaksinasi untuk berubah pikiran dan menjalani vaksinasi.

Baca juga: BPOM Setujui Vaksinasi untuk Lansia, Simak Rentang Usia dan Dosis yang Boleh Diberikan

Hancock mengaku 'puas' dengan tingginya tingkat penerimaan vaksin diantara mereka yang berusia lebih dari 70-an.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved