Breaking News:

Virus Corona

Satgas Covid-19: RSD Wisma Atlet Ditetapkan Jadi Bank Plasma Konvalesen

pemerintah telah menunjuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSD) Wisma Atlet sebagai salah satu senta bank plasma konvalesen.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Petugas menunjukkan botol berisi darah warga yang mengikuti screening donor plasma konvalesen di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/1/2021). Kegiatan yang digelar oleh PT Pelindo III (Persero) tersebut diikuti 250 orang penyintas Covid-19 guna membantu pasien-pasien Covid-19 yang masih dirawat. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19

Satu diantaranya adalah pengupayaan terapi plasma konvalesen bagi pasien bergejala sedang hingga berat.

Wiku mengatakan, pemerintah telah menunjuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSD) Wisma Atlet sebagai salah satu senta bank plasma konvalesen.

Harapannya, pasien yang dirawat dan dinyatakan sembuh dapat memberikan donornya kepada pasien yang sedang menjalani perawatan.

"Harapan kami dari Satgas dan kami juga pendorong Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet sebagai salah satu sentra untuk bank plasma konvalesen dan ini sudah ditetapkan beberapa waktu yang lalu bersama juga dengan PMI dan lain-lain," ujar Wiku dalam kegiatan virtual yang digelar Kemenristek/BRIN, Kamis (11/2/2021).

"Dengan harapan pasien yang ada juga bisa ditangani dengan plasma konvalesen dengan baik dan pasien tersebut juga yang akan menjadi donor," sambung dia.

Meski belum selesai dalam pentahapan uji klinik, ia optimistis terapi plasma konvalesen dapat memberikan kontribusi besar dalam tingkat kesembuhan pasien.

Baca juga: Penyintas Covid-19 Bisa Donorkan Plasma Konvalesen Wajib Swab PCR Negatif, Bebas Gejala Corona

Untuk itu Wiku mengatakan bersama PMI, Satgas sedang menyiapkan sistem informasi terkait pendonor plasma konvalesen.

"Apabila terapi-terapinya memang efektif bukan hanya di kota besar tapi juga sampai ke kota-kota kecil untuk itu kami ingin memastikan dalam Satgas kita membuat sistem informasinya kaitannya dengan para pendonor," ungkap Wiku.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved