Breaking News:

Penanganan Covid

Soal Investigasi Covid-19, WHO Kesal Karena China Ogah Serahkan Data Pentingnya

Para peneliti yang baru saja kembali dari misi pencarian fakta di kota Wuhan, China, menyampaikan adanya ketidakcocokan

Hector RETAMAL / AFP
Peter Ben Embarek (kanan) berbicara dengan Liang Wannian (kiri) selama konferensi pers menyusul kunjungan tim ahli internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di kota Wuhan, di provinsi Hubei China pada 9 Februari 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Peneliti independen yang tergabung dalam tim investigasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa Ilmuwan China menolak untuk membagikan 'data mentah' mereka yang mungkin saja akan membawa dunia 'lebih dekat' dalam mengetahui asal-usul pandemi virus corona (Covid-19).

Para peneliti yang baru saja kembali dari misi pencarian fakta di kota Wuhan, China, menyampaikan adanya ketidakcocokan antara catatan pasien dan masalah lainnya.

Hal ini turut menyulut ketegangan sehingga kadang-kadang emosi para peneliti ini meledak menjadi teriakan diantara para Ilmuwan China.

Baca juga: Soal Asal-usul Covid-19, Tim WHO Kritik Intelijen AS

Perlawanan yang terus menerus dilakukan China dalam mengungkapkan informasi tentang hari-hari awal penyebaran wabah corona, membuat tim investigasi WHO sulit mengungkap petunjuk penting yang dapat membantu menghentikan wabah penyakit berbahaya semacam itu di masa depan.

Seperti yang disampaikan Ahli Epidemiologi Denmark yang tergabung dalam tim ini, Thea Kølsen Fischer.

Baca juga: Terbukti Tak Berasal dari China, Beijing Balas Minta AS Undang WHO Selidiki Asal Mula Corona di Sana

"Ini jika anda berfokus pada data dan jika anda seorang profesional, seperti seorang dokter klinis yang melihat pasien dan melihatnya dengan mata kepala sendiri," kata Fischer.

Dikutip dari laman The New York Times, Minggu (14/2/2021), selama 27 hari di bulan Januari dan Februari 2021, tim yang terdiri dari 14 ahli dari WHO ini memimpin misi untuk melacak asal mula pandemi.

Beberapa diantaranya mengatakan bahwa China frustrasi dengan apa yang dilakukan tim WHO yang terus menerus bertanya dan meminta data.

Pejabat China mendesak tim WHO untuk mengambil 'narasi pemerintah' negara itu tentang sumber virus, termasuk temuan yang belum terbukti bahwa kemungkinan virus ini telah menyebar ke China dari luar negeri.

Baca juga: Picu Kemarahan, WHO Sebut Asal Covid-19 Bukan dari Pasar Makanan Laut atau Laboratorium di Wuhan

Halaman
1234
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved