Breaking News:

Penanganan Covid

Menkes: Tujuan Regulator Kesehatan di Seluruh Dunia Itu Memastikan Warganya Hidup Sehat

Minum vitamin dan berolah raga merupakan hal yang sederhana namun memiliki dampak yang baik bagi kekebalan

Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa semua Kementerian maupun Lembaga (K/L) di seluruh negara tentunya berupaya agar masyarakatnya selalu dalam kondisi sehat.

Termasuk saat pandemi virus corona (Covid-19) seperti ini.

"Tujuan semua regulator kesehatan di seluruh dunia adalah ingin memastikan seluruh rakyat negaranya hidupnya sehat.

Mulai dari lahir sampai wafat, mulai dari ujung Barat, ujung Timur, ujung Utara, ujung Selatan, seluruh pelosok negaranya," ujar Budi Gunadi, dalam talkshow live Instagram @radiokesehatan, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Update Corona di Indonesia: Sebanyak 1,1 Juta Orang Sembuh Dari Covid-19 Hingga 23 Februari 2021

Oleh karena itu, sebagai Menteri yang membidangi kesehatan, ia menilai bahwa untuk memastikan agar masyarakat hidup secara sehat, harus lebih banyak langkah preventif dan promotif yang dilakukan.

"Nah saya sudah melihat, mengamati bahwa untuk bisa hidup sehat, maka aktivitas-aktivitas preventifnya dan promotifnya mesti jauh lebih banyak," kata Budi Gunadi.

Khususnya terkait pandemi Covid-19, menurutnya upaya untuk menyampaikan informasi betapa pentingnya konsumsi vitamin setiap harinya jauh lebih baik dibandingkan melihat masyarakat harus mendapatkan suntikan di rumah sakit.

Baca juga: Wagub DKI Komentari Antrean Vaksin Covid-19 Lansia di Tanah Abang 

Meskipun rumah sakit itu memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

"Untuk Covid, ya lebih baik kita pakai masker, lebih baik kita minum vitamin C dan vitamin D tiap hari. Daripada kita mesti disuntik di rumah sakit yang sangat mewah," jelas Budi Gunadi.

Menurutnya, minum vitamin dan berolah raga merupakan hal yang sederhana namun memiliki dampak yang baik bagi kekebalan tubuh dibandingkan harus dirawat di rumah sakit dan dipasang ventilator.

Baca juga: Meski Sudah Negatif Corona, Ternyata Bisa Terkena Long Covid hingga 6 Bulan, Ini Gejalanya

"Apalagi kalau sudah pakai ventilator dipasang, walaupun semewah apapun rumah sakitnya mendingan kita nggak masuk situ, sudah pasti harganya jauh lebih mahal di sana ketimbang yang minum vitamin C, vitamin D, jalan setiap pagi," tegas Budi Gunadi.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa sebagai Kementerian yang berfokus pada bidang kesehatan, tentunya concern utamanya adalah membangun budaya hidup sehat bagi seluruh rakyat hingga pelosok tanah air.

"Sesuai dengan namanya, Kementerian Kesehatan, kita membangun budaya hidup sehat di seluruh bangsa dan negara," pungkas Budi Gunadi.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved