Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 untuk Jurnalis, Periksa Tekanan Darah hingga Ditanya Riwayat Penyakit

Seorang tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi mengatakan, efek samping sejauh ini adalah merasa ingin makan dan mengantuk.

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Dewan Pers bersama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kominfo RI per hari ini, Kamis (25/2/2021) melaksanakan penyuntikkan vaksin Covid-19 untuk para pekerja media di Hall A Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menggelar vaksinasi Covid-19 untuk awak media di Hall Basket, Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (25/2/2021).

Setidaknya pada hari ini lebih dari 1.000 orang dari awak media, mendapatkan vaksin Covid-19 yang diberikan oleh pemerintah.

Dalam proses vaksinasi ini, sebelumnya penerima vaksin dilakukan pendataan kemudian berlanjut untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Baca juga: Begini Alur Vaksinasi Massal untuk Kelompok Jurnalis dan Pekerja Media di GBK

Kemudian, penerima vaksin pun diberikan pertanyaan terkait kesehatan tubuh mereka seperti apakah dalam kondisi sehat dan ditanyakan terkait penyakit yang diderita saat ini.

Selain itu, petugas vaksinasi juga menanyakan apakah pernah menjadi pasien atau pernah melakukan kontak langsung dengan penderita Covid-19 sebelumnya.

Baca juga: Ini Tahapan-tahapan yang Harus Diikuti Saat Ikut Vaksinasi Covid-19 Bagi Jurnalis di GBK

Saat melakukan vaksinasi, penulis sempat menanyakan efek samping pada tubuh setelah menerima vaksin Covid-19 dalam jangka waktu tertentu.

Seorang tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi mengatakan, efek samping sejauh ini adalah merasa ingin makan dan mengantuk.

Tetapi tenaga kesehatan juga menyebutkan, ada efek samping terburuk dari seseorang yang menerima vaksin Covid-19 seperti mual-mual dan pusing.

Tetapi hal tersebut tergantung kondisi seseorang tersebut.

"Seseorang yang mengalami mual dan pusing, biasanya ia tidak sarapan sebelum melakukan vaksin ataupun kurang tidur," kata seorang tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi.

Meski begitu, menurut pengalaman dirinya yang telah divaksin sebanyak dua kali tidak pernah mengalami pusing dan mual.

"Saya sejauh ini tidak mengalami hal tersebut, yang dialami ya itu rasa ingin makan dan juga mengantuk saja," ujarnya.

Sebagai informasi, vaksinasi Covid-19 bagi awak media ini digelar dari 25-27 Februari 2021. Setiap harinya, dibagi menjadi tiga shift vaksinasi yaitu dengan jadwal pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB dan 13.00 WIB.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved