Breaking News:

Virus Corona

Vaksinasi Anggota DPR dan Keluarga Tak Boleh Diliput Media, Pimpinan DPR Sebut Alasan Prokes

Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara mengenai proses vaksinasi Covid-19 kepada anggota DPR RI dan keluarganya yang tidak diperkenankan diliput awak media.

Tribunnews/Jeprima
Petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi awak media di Hall A Basket Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/2/2021). Berdasarkan data yang ada, sebanyak 1.838 awak media menjalani vaksinasi Covid-19 di GBK hari ini. Secara total, terdapat 5.512 orang yang akan mendapatkan vaksin selama tiga hari pelaksanaan vaksinasi, atau sampai Sabtu (27/2) mendatang. Para peserta vaksinasi ini adalah 512 wartawan yang sejak awal dijadwalkan mendapatkan vaksin dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Kemudian ditambah 5.000 orang yang dikoordinasikan Dewan Pers bersama 10 organisasi konstituen Dewan Pers dan Forum Pemred. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara mengenai proses vaksinasi Covid-19 kepada anggota DPR RI dan keluarganya yang tidak diperkenankan diliput awak media. 

Dasco menyinggung protokol kesehatan (prokes) bisa menjadi salah satu alasannya. 

"Begini, saya bisa paham, orang dalam proses vaksinasi itu kan mereka harus juga menjaga imunitas, kalau kemudian soal protokol kesehatan, itu kan orang yang divaksinasi ada yang juga takut," ujar Dasco, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (26/2/2021). 

Selain itu, politikus Gerindra itu tak menutup kemungkinan para peserta vaksinasi maupun petugas yang melakukan vaksinasi keberatan bila diabadikan fotonya. 

"Kalau kemudian diambil gambarnya segala macam, mungkin mereka keberatan, kalau ambil gambar dari kejauhan mungkin (tidak apa-apa)," jelas Dasco.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 bagi Anggota DPR RI dan Keluarga Digelar Tertutup

Sebelumnya diberitakan, anggota DPR RI beserta keluarganya menjalani vaksinasi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, sejak Rabu (24/2) kemarin. 

Namun pantauan Tribunnews.com, vaksinasi ternyata digelar secara tertutup bagi awak media. 

Media tidak diperkenankan mengambil gambar ataupun meliput acara vaksinasi bagi wakil rakyat tersebut. 

Amatan Tribunnews.com, vaksinasi digelar di Gedung Nusantara atau gedung kura-kura. 

Pengamanan tampak berjaga di lorong jalan menuju arah gedung kura-kura. Yang diperkenankan lewat hanyalah anggota DPR RI beserta keluarga

"Yang boleh kesana hanya anggota dan keluarganya. Tidak boleh ambil gambar (foto) atau kesana," ujar sekuriti itu di lokasi, Jumat (26/2/2021). 

Saat ditanya alasannya, penjaga itu hanya mengatakan peraturan yang diberikan demikian. 

"Sudah dari sananya begitu, kami cuma jalankan," kata sekuriti. 

Selain itu, salah seorang jurnalis mengaku juga sempat berusaha meliput vaksinasi pada Kamis (25/2) kemarin. 

Namun yang bersangkutan justru diminta tak meliput dan pihak pengamanan meminta foto yang telah diambil jurnalis itu untuk dihapus. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved