Breaking News:

Penanganan Covid

Kapuskes TNI Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Meski Telah Divaksin 2 Kali

Ia menjelaskan kekebalan optimal dari virus covid-19 dihasilkan setelah 28 hari dari suntikan vaksin dosis kedua diterima.

Tribunnews.com/Gita Irawan
TNI melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi Prajurit dan PNS di lingkungan Unit Organisasi Mabes TNI di GOR A Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (3/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski telah divaksin sebanyak dua kali.

Ia menjelaskan kekebalan optimal dari virus Covid-19 dihasilkan setelah 28 hari dari suntikan vaksin dosis kedua diterima.

"Setelah disuntik dosis kedua, perlu kita betul-betul sadari bahwa setelah itu baru tercapai kekebalan optimal itu setelah 28 hari setelah dosis kedua," kata Tugas di Mabes TNI Cilangkap pada Rabu (3/3/2021).

Selain itu, Tugas mengatakan mereka yang telah divaksim dua kali tersebut tidak merasa kebal terhadap covid-19.

Baca juga: Pakar Epidemiologi Ungkap Penyebaran Vaksinasi Hanya Ilusi

Oleh karena itu, kata Tugas, dianjurkan siapapun tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi covid-19 dinyatakan selesai.

"Kalaupun sudah kebal, katakanlah kekebalan optimal 28 hari setelah vaksin dosis kedua ini tetap harus bersifat hati-hati dan mematuhi protokol kesehatan selama pandemi belum dinyatakan hilang. Atau penularannya hilang covid ini. Saya kira ini hal terpenting untuk dipahami masyarakat dan kita semuanya," kata Tugas.
 

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved