Breaking News:

Penanganan Covid

Lansia Yang Memiliki Riwayat Penyakit Bisa di Vaksin? Berikut Penjelasannya

Apabila memiliki penyakit sebelumnya atau saat ini, apakah untuk lansia tetap bisa di vaksin?

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Petugas kesehatan menunggu warga lansia yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 secara drive thru di Kemayoran Jakarta, Rabu (3/3/2021). Kementerian Kesehatan menggandeng penyedia jasa layanan kesehatan daring yaitu Halodoc menyediakan layanan vaksinasi secara drive thru bagi warga yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia) agar protokol kesehatan dapat diterapkan dengan mengurangi kerumunan karena para lansia tidak perlu mengantre hingga panjang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini layanan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia) dapat dilakukan dengan sistem drive thru atau tanpa harus turun kendaraan di DKI Jakarta, Rabu, (3/3/2021).

Mengutip Halodoc, vaksinasi Covid-19 drive thru bagi lansia akan dilakukan di Parkir Hall C Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Jakarta.

Apabila memiliki penyakit sebelumnya atau saat ini, apakah untuk lansia tetap bisa di vaksin?

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Para Lansia Sebelum Vaksin

Dalam hal ini, Slamet Budiarto selaku Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), menjelaskan terkait vaksinasi bagi lansia dalam acara virtual “Mengawal Vaksinasi Covid-19” di Radio Elshinta 90FM, Rabu, (3/3/2021).

"Untuk lansia tidak usah khawatir, sebelum divaksin akan di-screening (cek) terlebih dahulu, hanya saja harus terbuka ketika ditanya oleh tenaga medis," ujar Slamet.

Selain itu, perbedaan vaksin untuk lansia yakni hanya jeda hari untuk vaksin keduanya yang lebih lama, yaitu 28 hari.

Sebelum vaksin, beberapa hal yang harus diketahui untuk lansia adalah menjaga pola tidur dan makan yang cukup serta terbuka kepada dokter ketika ditanya mengenai riwayat penyakit saat proses screening.

PB IDI juga telah berkoordinasi baik dengan Satgas Covid-19 dan pemerintah terkait vaksinasi Covid-19, hanya saja Dr. Slamet lebih menyarankan vaksinasi terhadap lansia dilakukan di klinik atau ruma sakit terdekat.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved