Breaking News:

Penanganan Covid

TNI Pastikan Vaksinasi Covid-19 Aman dan Halal: Masyarakat Tidak Perlu Ragu

Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono memastikan Vaksin CoronaVac, vaksin Covid-19 buatan Sinovac aman dan halal.

tribunnews.com, Lusius Genik
Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono di Mabes TNI, Jakarta 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono memastikan Vaksin CoronaVac, vaksin Covid-19 buatan Sinovac aman dan halal.

Hal ini dibuktikan dengan minimnya temuan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), di hari ketiga kegiatan vaksinasi Covid-19 massal untuk 18 ribu prajurit dan PNS di lingkungan Mabes TNI, Rabu (3/3/2021).

"Pada nakes TNI itu, kita hanya dapatkan KIPI ringan. Baik itu rasa pusing sedikit, pegal, dan lain sebagainya, KIPI ringan itu hanya dialami 0,2 persen (dari total yang sudah divaksin)," kata Mayjen Tugas Ratmono.

Menurutnya ini merupakan bukti vaksinasi Covid-19 aman, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk divaksin.

"Jadi saya kira ini adalah suatu hal yang aman untuk kita, dan vaksin halal, jadi saya kira masyarakat tidak perlu meragukan," katanya.

Mayjen Tugas Ratmono menjelaskan, KIPI memiliki dua kategori, ada KIPI serius dan KIPI non serius.

Kebanyakan tenaga kesehatan di lingkungan Mabes TNI hanya mengalami KIPI ringan seperti pusing-pusing dan pegal-pegal usai vaksinasi Covid-19. 

Baca juga: Menkes Akui Vaksinasi Covid-19 Terkendala Pasokan Vaksin

"Artinya aman dan seterusnya, dan ini yang harus kita pahami, jangan takut untuk vaksin," ujar Mayjen Tugas Ratmono. 

Mayjen Tugas Ratmono sekaligus mengingatkan, bahwa vaksinasi Covid-19 dilakukan dengan mempertimbangkan keamanan para calon penerima vaksin. 

"Yang jelas semua sudah direncanakan dalam proses pelaksanaan, sehingga kita betul-betul mempertimbangkan keamanan untuk para calon penerima vaksin ini," pungkas dia.

Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved