Breaking News:

Virus Corona

Kamboja Terima Vaksin Covid-19 dari COVAX

Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen mengatakan negaranya telah menerima dosis pertama vaksin virus corona (Covid-19) AstraZeneca dari inisiatif COVAX

Nipah Dennis / AFP
Foto yang diambil pada 24 Februari 2021 ini menunjukkan logo Emirates Airlines di sebelah tag Covax pada pengiriman vaksin Covid-19 dari program vaksinasi Covid-19 global Covax, di Bandara Internasional Kotoka di Accra. Ghana menerima pengiriman pertama vaksin Covid-19 dari Covax, skema global untuk mendapatkan dan mendistribusikan inokulasi secara gratis, saat dunia berlomba untuk mengatasi pandemi. Covax, diluncurkan April lalu untuk membantu memastikan distribusi yang lebih adil dari vaksin virus korona antara negara kaya dan miskin, mengatakan akan memberikan dua miliar dosis kepada anggotanya pada akhir tahun. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, PHNOM PENH -Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen mengatakan negaranya telah menerima dosis pertama vaksin virus corona (Covid-19) AstraZeneca dari inisiatif COVAX global.

Ia menyampaikan dalam pernyataan di laman Facebook miliknya bahwa negara itu pada Selasa malam menerima vaksin AstraZeneca yang diproduksi di India.

Negara di kawasan Asia Tenggara tersebut menerima 324.000 dosis pertama dari inisiatif COVAX.

Dikutip dari laman www.aa.com.tr, Jumat (5/3/2021), COVAX yang diinisiasi oleh Vaccine Alliance (Gavi), Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ini memiliki tujuan untuk mempercepat pengembangan dan produksi vaksin Covid-19.

Selain itu COVAX juga berupaya menjamin akses yang adil dan merata terhadap vaksin untuk setiap negara di dunia.

Baca juga: Polri: Indonesia Belum Ada Kasus Vaksin Palsu

Baca juga: Vaksin Buatan India, COVAXIN Ditolak Pekerja Kesehatan Lokal dan Diragukan Kemanjurannya

Aliansi ini akan memberikan vaksin yang setara dengan 20 persen dari populasi tiap negara.

"Vaksin ini dapat dipercaya," kata Hin Sen.

Kamboja menjadi salah satu negara pertama di kawasan Pasifik Barat yang mendapatkan vaksinasi dari fasilitas COVAX.

COVAX pun akan memberikan 6,4 juta dosis rejimen kepada 3,2 juta orang, masing-masing akan mendapatkan dua dosis vaksin.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved