Breaking News:

Virus Corona

MUI Rekomendasikan Vaksinasi Malam Hari, Ini Kata Kemenkes

Kementerian Kesehatan masih mempertimbangkan pelaksanaan vaksinasi pada bulan Ramadhan pada malam hari sesuai rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
VAKSINASI DOSIS KE 2 - Pemkot Tangerang menggelar vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi petugas pelayanan publik yang melibatkan karyawan, manajemen mal, apartemen, hotel, pegawai dan tenant Tangcity superblock, Senin (15/3/2021). Pelaksanaan vaksinasi dosis ke 2 ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam memudahkan percepatan program vaksinasi nasional. Selain itu, vaksinasi masal ini juga akan meningkatkan kepercayaan pengunjung sehingga kunjungan ke pusat perbelanjaan jadi meningkat yang berarti ekonomi bisa kembali pulih. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  Kementerian Kesehatan masih mempertimbangkan pelaksanaan vaksinasi pada bulan Ramadhan pada malam hari sesuai rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menuturkan, berdasar fatwa MUI Nomor 13 disebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuskular itu tidak membatalkan puasa.

"Artinya dengan fatwa ini kita bisa memberikan vaksinasi pada orang yang berpuasa yang artinya bisa kita lakukan pada siang hari," ujarnya dalam diskusi virtual bersama Alinea.id, Rabu (17/3/2021).

Nadia mengatakan, perlu persiapan matang dan tepat dalam pelaksanaanya, terlebih umat muslim di malam ramadhan justru melakukan ibadah.

Baca juga: Tanggapan Satgas atas Rekomendasi MUI agar Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Malam Hari saat Ramadan

"Pengaturannya nanti seperti apa, kita tidak mau nanti  kalau siang hari kita sudah melakukan vaksinasi, malam hari kita juga membuka vaksinasi, siapa yang akan datang?," ungkap Nadia.

"Karena di bulan Ramadhan umat Islam pada malam hari bukannya tidak melakukan aktivitas apa pun kan, mereka tetap melakukan ibadah," lanjut.

Sejauh ini, ia mengatakan pihaknya masih terus mematangkan pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadhan.

"Ini kembali lagi kita lihat, artinya visibilitas dan sebagainya tapi itu memungkinkan," ujar dia.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved