Breaking News:

Penanganan Covid

Pertamakalinya Warga Lanjut Usia Ber-KTP Kabupaten Bekasi Vaksinasi Covid-19

Proses vaksinasi telah melalui protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, dengan menjaga jarak dan tidak berkerumun

ist
Pertama kali Lansia ber-KTP Kabupaten Bekasi dapat vaksinasi Covid-19 di Meikarta, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Bekasi dan Rumah Sakit Siloam 

TRIBUNEWS.COM, BEKASI - Warga lanjut usia (Lansia)  ber-KTP Kabupaten Bekasi berkesempatan mendapatkan vaksinasi Covid-19, pada tanggal 17 hingga 18 Maret 2021 ini.

Meikarta menjadi 'venue' tempat pelaksanaan.

Vaksinasi lansia yang pertamakali dilakukan di Kabupaten Bekasi ini hasil sinergi antara Meikarta dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dan RS Siloam Lippo Cikarang.

Lilies Surjono, CMO Meikarta mengatakan, keterlibatan Meikarta ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam rangka percepatan jumlah vaksinasi.

"Agar penyebaran virus corona yang telah dinyatakan sebagai pandemi dunia, bahkan masuk kategori bencana non alam nasional, bisa segera diatasi," katanya.

Ditambahkan, proses vaksinasi telah melalui protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, dengan menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Baca juga: Presiden Tinjau Vaksinasi Massal 500-an Guru di Makassar

dr Albert Limanto, 'Hospital Director' RS Siloam Lippo Cikarang, dengan menyatakan, pendaftarannya pun secara digital.

Setiap peserta vaksinasi harus mendaftar melalui my siloam apps, mengisi formulir secara 'online', lalu membawa bukti pengisian formulir ke registrasi.

"Setelah itu langsung di-'screening' dan pemberian vaksinasi, lalu observasi 30 menit.

Jadwal appointment penyuntikan pun telah diatur berbeda jam, agar tertib dan tidak terjadi penumpukkan," jelasnya.

Syarat mengikuti proses vaksinasi tersebut, lanjut dokter Albert, sesuai dengan ketentuan yang sudah diviralkan oleh pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Namun khusus kali ini, menurutnya, peserta vaksinasi ialah Lansia berusia 60+ dan dengan KTP Kabupaten Bekasi.

Baca juga: WNI Overstay di Jepang Berharap Dapat Divaksinasi Covid-19 di Negeri Sakura

"Satu lagi dari kami, bahwa Siloam men-'support' seluruh tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas untuk penyuntikan dan screening, sampai observasi," ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Sri Enny Mainarti, juga mengungkapkan, kegiatan vaksinasi umum (bagi Lansia) ini merupakan yang pertama dilakukan di Kabupaten Bekasi.

Dokter Enny yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi inisiasi dari pihak Meikarta tersebut, dan mendorong para pengelola perusahaan besar lainnya di kawasan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ini bisa mengikuti langkah positif tersebut, agar penyebaran Covid-19 segera teratasi, dan semua aktivitas masyarakat dapat normal kembali.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved