Breaking News:

Virus Corona

Montenegro Terima 24.000 Dosis Vaksin AstraZeneca Lewat COVAX

Montenegro baru saja menerima 24.000 dosis vaksin virus corona (Covid-19) AstraZeneca melalui mekanisme pembagian vaksin COVAX global.

JOEL SAGET / AFP
Vaksi AstraZeneca. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MONTENEGRO - Montenegro baru saja menerima 24.000 dosis vaksin virus corona (Covid-19) AstraZeneca melalui mekanisme pembagian vaksin COVAX global.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) negara itu, Jelena Borovinic Bojovic.

Dikutip dari laman See News, Selasa (30/3/2021), pengiriman tersebut merupakan batch pertama dari total 84.000 dosis yang tiba di Montenegro.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Pukul Industri Film, Ario Bayu Ungkap Bebannya sebagai Aktor

Tim Eropa, termasuk Uni Eropa (UE) dan Bank Investasi Eropa (EIB), telah menyumbangkan lebih dari 2,2 miliar euro atau setara 2,6miliar dolar Amerika Serikat (AS) untuk pengadaan vaksin COVAX, di mana 1 miliar euro berasal dari anggaran UE.

Dukungan keuangan ini telah mempercepat pengiriman vaksin ke negara-negara anggota COVAX, termasuk Montenegro.

Baca juga: 11 Juta Lebih Dosis Vaksin Covid-19 Telah Disuntikkan, Menkes Sebut Indonesia Beruntung

Sementara di tempat lainnya di Eropa Tenggara (SEE), Makedonia Utara juga menerima pengiriman 24.000 dosis vaksin AstraZeneca melalui skema COVAX pada hari Minggu lalu.

Perlu diketahui, COVAX diinisiasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan beberapa lembaga lainnya untuk memberikan akses yang adil bagi negara-negara miskin dan berkembang terhadap vaksin Covid-19 yang aman dan efektif, setelah dilisensikan dan disetujui.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved