Breaking News:

Virus Corona

Kasus Covid-19 Melandai, Satgas Berharap Tren Positif Ini Dapat Dijaga

etua Bidang Perubahan Prilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengatakan jika kasus Covid-19 di Indonesia saat ini alami penurunan.

Freepik
ilustrasi virus corona 

Laporan Wartawan Tribunnwes.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Prilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengatakan jika kasus Covid-19 di Indonesia saat ini telah mengalami penurunan.

Tingkat penurunan tersebut dikarenakan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan dan adanya vaksinasi yang hingga sampai saat ini masih terus dilakukan.

Ia menyatakan kasus pandemi Covid-19 terhitung pada 8 April 2021 telah malampaui 1,5 juta kasus. Namun angka tersebut juga diiringi dengan meningkatnya kasus kesembuhan.

Baca juga: Satgas Covid-19: Pakai Masker sudah Jadi Cara Hidup Biasa Masyarakat Indonesia

Baca juga: Setahun Pandemi Corona di Indonesia, Gelombang Pertama Belum Usai Meski Kasus Covid-19 Melandai

“Pertama kasusnya sudah melampaui 1,5 juta per 8 April 2021 tapi kita juga bersyukur bahwa angka kesembuhan meningkat,” kata Sonny saat siaran radio di MNC Trijaya, Jumat (9/4/2021).

Selain itu, tim satuan tugas atau Satgas juga mampu menekan kasus harian baru dan mendorong tingkat kesembuhan bagi kasus Covid-19.

Update data penambahan kasus Corona di Indonesia hari Rabu, 7 April 2020
Update data penambahan kasus Corona di Indonesia hari Rabu, 7 April 2020 (Website https://covid19.go.id/peta-sebaran)

“Lalu kasus baru harian bisa kita tekan dibawah 10 ribu terus. Jadi dengan menekan kasus baru harian dan mendorong angka tingkat kesembuhan kita mengalami penurunan kasus aktif, jadi per kemarin kasus aktif kita turun terus diangka 111 ribu artinya, orang yang masih dirawat atau isolasi 111 ribu ini merupakan kabar baik. Dibanding 5 februari puncaknya berada di 176 ribu kasus,” katanya.

Hal ini juga dapat memberikan nafas untuk para tenaga kesehatan agar dapat merawat pasien lebih baik dan angka kesembuhan semakin tinggi.

Lebih lanjut, Sonny mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga tren positif ini, untuk tidak melakukan perjalanan panjang atau mudik dan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Tinggkat kematian juga turun, sehingga kita juga bersyukur dan lebih dari 13 orang sudah divaksin, ini merupakan kabar gembira mudah-mudahan dan tren positif ini harus tetap dijaga untuk jangan berlibur dulu karena belum benar-benar hilang (virus Covid-19),” tutupnya.

Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved